Sosialisasi Pembinaan Anak dalam Rangka Mencegah Perkawinan di Bawah Umur Berbasis Masyarakat

Authors

  • Sri Nanang Meiske Kamba Ilmu Hukum, Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Moh Kasim Ilmu Hukum, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i4.637

Keywords:

sosialisasi, perkawinan di bawah umur

Abstract

Fenomena perkawinan di bawah umur masih banyak kita jumpai di berbagai daerah. Usia perkawinan muda berbanding lurus dengan tinggi angka perceraian dikarenakan pasangan muda dianggap belum matang dalam membina rumah tangga. Perkawinan di bawah umur terjadi karena beberapa alasan diantaranya masalah ekonomi, atas kehendak anak itu sendiri, pemahaman budaya dan nilai-nilai tertentu dari masyarakat itu sendiri dan pergaulan bebas. Olehnya itu, diperlukan peran aktif dari negara, pemerintah, masyarakat bahkan orang tua/wali dalam mencegah perkawinan di bawah umur. Sasaran kegiatan pengabdian adalah ansak/remaja Desa Tabongo Timur. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya anak/remaja dan orang tua/wali. Metode yang digunakan adalah sosialisasi melalui diskusi tanya jawab antara pemateri dengan peserta. Hasil pengabdian menujukkan bahwa melalui kegiatan sosialisi di Desa Tabongo Timur kesadaran hukum masyarakat meningkat. Hal tersebut terlihat dari hasil survei beberapa pernyataan masyarakat begitu antusias mengikuti kegiatan sosialisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, Henry. 2019. Peran Orang Tua Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini. Lex Jurnalica Vol. 16 No 1. 40-41.

Bastomi, Hasan. 2016. Pernikahan Dini Dan Dampaknya (Tinjauan Batas Umur Perkawinan Menurut Hukum Islam Dan Hukum Perkawinan Di Indonesia). Yudisia Vol.7 No. 2 355-356.

Ita Surayya, Israfil Haeratun Dan Musakir Salat. 2021. Perkawinan Di Bawah Umur Dan Dampaknya Terhadap Keluarga Di Desa Aik Dewa Lombok Timur. Risalah Kenotariatan Vol.2 No. 2. 2-3.

Sri Nanang Meiske Kamba, Moh. Taufiq Zulfikar Sarson Dan Dolot Alhasni Bakung. 2021. Peran Orang Tua Yang Menikah Di Bawah Umur Terhadap Pembentukan Karakter Anak . Halu Oleo Law Review Vol. 5 No. 2. 236-237.

Westra, Titania Elisa Ginting Dan I Ketut. 2018. Perkawinan Anak Di Bawah Umur Di Lihat Dari Perspektif Hukum Pidana. Kertha Wicara Vol.7 No. 3. 2-3.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Kamba, S. N. M. ., & Kasim, N. M. . (2022). Sosialisasi Pembinaan Anak dalam Rangka Mencegah Perkawinan di Bawah Umur Berbasis Masyarakat. Jurnal Abdidas, 3(4), 662 - 666. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i4.637