Sosialisasi tentang Bahaya Penyalagunaan Narkoba di Kalangan Masyarakat Desa Bualemo

Authors

  • Nur Moh. Kasim Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Nanang Meiske Kamba Universitas Negeri Gorontalo
  • Trubus Semiaji Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.465

Keywords:

sosialisasi, penyalagunaan narkoba

Abstract

Penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin meningkat dan persoalan yang ditimbulkan juga semakin kompleks. Penyalagunaan narkoba tidak dipungkiri banyak terjadi dikalangan remaja yang berdampak buruk baik secara fisik, psikis, ekonomi sosial dan lain sebagainya. Perilaku sebagian remaja yang telah mengabaikan nilai-nilai, kaidah, norma serta hukum yang berlaku dalam masyarakat menjadi salah satu pemicu maraknya penyalagunaan narkoba di kalangan generasi muda. Tujuan kegiatan pegabdian adalah mensosialisasikan bahaya penyalagunaan narkoba. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data melalalui observasi dan wawancara, pelaksanaan sosialisasi dan melakukan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa masyarakat memperoleh pengetahuan dan pemahaman baik dan benar tentang bahaya penyalagunaan narkoba, sehingga dapat mencegah dan menanggulangi penyalagunaan dan peredaran gelap  narkoba khususnya di kalangan generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eleanora, F. N. 2011. Bahaya Penyalagunaan Narkoba Serta Usaha Pencegahan dan Penanggulannya. Jurnal Hukum Vol. XXV, No. 1 , 440.

Jumaidah, R. 2017. Perilaku Pencegahan Penyalagunaan Narkoba Pada Remaja Di Wilaya Kecamatan Sukmajaya, Depok . Jurnal Ilmiah KesehatanVol. 16 No.3, 43.

Maudy Pritha Amanda, S. H. 2017. Penyalagunaan Narkoba di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian dan PPMVol.4 No.2 , 340.

Sholihah, Q. (2015). Efektivitas Program P4GN Terhadap Pencegahan Penyalagunaan NAPZA. Jurnal Kesehatan MasyarakatVol.4 No.2 , 154.

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Kasim, N. M. ., Kamba, S. N. M. ., & Semiaji, T. (2021). Sosialisasi tentang Bahaya Penyalagunaan Narkoba di Kalangan Masyarakat Desa Bualemo. Jurnal Abdidas, 2(6), 1276 - 1280. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.465