Manajemen Keuangan Desa untuk Efektifitas Pembangunan Desa

Authors

  • Khanifah Khanifah Fakultas Ekonomi, Universitas Wahid Hasyim
  • Ratih Pratiwi Fakultas Ekonomi, Universitas Wahid Hasyim
  • Lutfatul Kholafah Fakultas Ekonomi, Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.632

Keywords:

dana desa, pembangunan desa, manajemen pengelolaan keuangan

Abstract

Pembangunan Desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Namun masih terdapat banyak kelemahan dalam pelaksanaan bantuan Alokasi Dana Desa di Desa Margohayu yaitu kemampuan sumber daya manusia berupa tingkat pendidikan perangkat desa sehingga masih ada perangkat desa yang belum bisa memahami program-program yang dicanangkan oleh pemerintah desa. Keterbatasan lainya yaitu tidak memiliki banyak pendapatan asli desa. Sehingga tujuan kajian laporan ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengelolaan dana desa di Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Metode yang digunakan yaitu melakukan inventarisasi permasalah, menyerap aspirasi masyarakat, serta memetakan potensi dan permasalahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan tingkat efektivitas dana di Desa Mergohayu tahun 2017 sampai 2019 adalah 100% atau sangat efektif. Simpulan yang dapat yaitu Pengelolaan dana desa di Marggohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak ini sudah sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014. Manajemen keuangan di desa margohayu sudah sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen keuangan Planning (perencanaan), Budgeting (aggaran), Controlling (pengendalian keuangan), Auditing (pemeriksaan keuangan) dan Reporting (pelaporan). Dana desa yang di gunakan dalam di desa Margohayu meliputi ; bidang pendidikan dan Kesehatan, pengembangan ekonomi lokal  peningkatan kapasitas SDM dengan mengadakan pelatihan dan pemfasilitasan peralatan pertanian agar hasil yang di panen meningkat sehingga dapat memajukan perekonomiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kuncoro, M. (2019). Ekonomika Desa. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Ykpn.

Nafidah, L. N., & Suryaningtyas, M. (2016). Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 214.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tisna, N. W. W., & Suputra, I. D. G. D. (2017). Financial Distress Sebagai Pemoderasi Pengaruh Opini Audit Dan Pertumbuhan Perusahaan Pada Auditor Switching. Jurnal Akuntansi, 19(3), 2118–2144.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Khanifah, K., Pratiwi, R., & Kholafah, L. (2022). Manajemen Keuangan Desa untuk Efektifitas Pembangunan Desa. Jurnal Abdidas, 3(6), 979 - 988. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.632

Issue

Section

Articles