Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zipgrade untuk Pemeriksaan Lembar Jawaban Siswa pada Bentuk Tes Multiple Choice

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Tadulako
  • Amalia Buntu Universitas Tadulako
  • Syech Zainal Universitas Tadulako
  • Moh. Sabran Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.453

Keywords:

aplikasi zipgrade, pemeriksaan, lembar jawaban siswa, multiple choice

Abstract

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan wawasan dan kemampuan calon mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Biologi dalam penggunaan aplikasi zipgrade untuk pemeriksaan lembar jawaban siswa. Hal itu dimaksudkan agar memudahkan calon mahasiswa PPL dalam memberikan evaluasi dan memeriksa hasil evaluasi tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu dilakukan pendekatan berupa pelatihan bagi calon mahasiswa PPL. Kegiatan pelatihan yang dilakukan ini bertujuan untuk memanfaatkan smartphone dan program aplikasinya yang disebut dengan zipgrade untuk mempermudah dan mempercepat proses pemeriksaan hasil dari bentuk penilaian tes multiple choice. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 15 peserta yaitu calon mahasiswa yang akan melaksanakan PPL di berbagai sekolah yang ada di Kota Palu. Aplikasi zipgrade dapat diunduh secara gratis di playstore. Materi yang diberikan pada kegiatan pelatihan ini mulai dari pengenalan software atau aplikasi pemeriksa lembar jawaban hingga cara pemanfaatan aplikasi tersebut. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini maka diharapkan calon mahasiswa PPL telah mampu menggunakan aplikasi Zipgrade dan menerapkannya pada proses pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 8 No. I. P.Issn: 20869118. E-Issn: 2528-2476.

Fitria, R. (2018). Penilaian Semudah Selfie Dengan Zipgrade. Solok: Penerbit Igi Solok, Indonesia.

Prasmono, A. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komputer Multimedia Dan Digital Video Disc Terhadap Prestasi Belajar Listening Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Wonogiri. Digital Library Upt. Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Solo.

Sihwidi, J. (2018). Menilai Hasil Belajar Cepat, Tepat, Dan Akurat Dengan Plickerszipgrade. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Downloads

Published

2021-10-22

How to Cite

Wahyuni, S., Buntu, A., Zainal, S., & Sabran, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zipgrade untuk Pemeriksaan Lembar Jawaban Siswa pada Bentuk Tes Multiple Choice. Jurnal Abdidas, 2(5), 1228 - 1232. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.453

Most read articles by the same author(s)