Penyuluhan Pendidikan Hukum Tentang Pencegahan Perilaku Kenakalan Remaja

Authors

  • Nopiana Mozin Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Rasid Yunus Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulaecha Ngiu Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.413

Keywords:

pendidkan hukum, kenakalan remaja, pengabdian masyarakat

Abstract

Perilaku remaja yang sering kali menyimpang dari aturan dan norma yang ada, membuat kenakalan remaja ini pun dianggap menjadi masalah yang genting dan memerlukan penanganan yang tepat. SMKN 5 Gorontalo yang memiliki siswa yang merupakan remaja yang diharapkan sebagai penerus bangsa perlu memiliki pemahahaman dan pengetahuan tentang bahaya dan sanksi yang bisa ditimbulkan akibat kenakalan remaja. Faktor internal dan eksternal seperti ekonomi keluarga dan pergaulan yang salahpun diduga sebagai pemicu kenakalan remaja yang terjadi. Oleh sebab itu diperlukan dukungan dari sekolah khususnya guru melalui berbagai program/kegiatan intra maupun extra kurikuler di SMKN 5 Gorontalo, agar para siswa bisa mengefektifkan waktu untuk mengembangkan minat dan bakat serta terhindar dari perilaku menyimpang yang dapat menyebabkan kenakalan remaja itu sendiri. Selain itu bimbingan dari orang tua pun diperlukan untuk membentuk perkembangan pribadi remaja menuju kedewasaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan kepada para siswa di SMKN 5 Gorontalo. Hasil dan simpulan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk kesadaran diri siswa di SMKN 5 Gorontalo terkait bagaimana mencegah perilaku kenakalan remaja melalui pemahaman dan pengetahuan tentang akibat dan sanksi yang dapat ditimbulkan dari perilaku kenakan remaja tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kuaalitas Hubungan Dengan Orang tua Terhadap Kenakalan Remaja : Studi Pada siswa SMK Negeri 1 Pujon Kabupaten Malang. Retrieved Agustus 20, 2021, from Electronic Theses Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: http://etheses.uin-malang.ac.id/2253/

Anggraini, Y. (2017). Hubungan Fungsi Afektif Keluarga Dengan PerilakuKenakalan Remaja di SMK Cendana Padang Panjang Tahun 2016. Jurnal Menara Ilmu Volume 11 Nomor 76 , 155-165.

Aroma, Suminar. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Volume 1 Nomor 2 , 1-6.

Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Non Formal , 1-12.

Kartono. (2017). Kenakalan Remaja (Patologi Sosial2). Jawa Barat: Raja Geafindo Persada.

Musbikin, I. (2013). Mengatasi Kenakalan Siswa Remaja. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Oktawati, W. (2017). Kenakalan Remaja di Desa Sungai Paku ((Studi Kasus SMP 4 Kampar Kiri Kabupaten Kampar). Jurnal Online Mahasiswa FISIP Volume 4 Nomor 2 , 1-15.

Sobur, A. (2011). Komunikasi Orang Tua dan Anak. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-09-07

How to Cite

Mozin, N., Yunus, R., & Ngiu, Z. (2021). Penyuluhan Pendidikan Hukum Tentang Pencegahan Perilaku Kenakalan Remaja. Jurnal Abdidas, 2(5), 1049-1053. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.413

Issue

Section

Articles