Sosialisasi Pembinaan bagi Pemuda dalam Pembangunan Desa di Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara

Authors

  • Zulaecha Ngiu Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun W Wantu Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Devi R Djafar Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.276

Keywords:

genarasi muda, pembangunan desa Moluo

Abstract

Pemuda sebagai generasi muda merupakan generasi dari penerus bangsa yang nantinya akan ikut andil dalam berpartisipasi pembangunan bangsa bahkan desa, khususnya pembangunan yang ada di daerah mereka sendiri. Sehingga dalam kegiatan pengabdian ini penting dalam melaksanakan pembinaan generasi muda dalam pembangunan desa, yang bertempat di Desa Moluo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu sosialisasi tentang pembinaan generasi muda dalam pembangunan desa dan kegiatan pengabdian yang bersifat atau mengarah ketujuan pembinaan untuk pemuda Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara diharapkan mampu mencapai sebuah hasil yang nantinya dapat terwujudnya prilaku dari pemuda itu sendiri dalam berpartisipasi  pada pembangunan desa mereka, kemudian mengenal masalah kurangnya keikut partisipasian pemuda dalam pembangunan desa. Pemuda yang disebut generasi muda bisa berpartisipasi dalam segala hal untuk pembangunan desa. Bahkan dalam kemajuan daerah dan desa dikaitkan dengan peran dari pemuda (generasi muda) yang berada didalamnya, sebab generasi muda saat ini memiliki karakter yang kuat dan memiliki kepribadian tinggi serta semangat yang tinggi untuk membangun desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiaturrahman, P. (2016). Perencanaan Pembangunan Desa Di Desa Bagan Limau Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan . Journal Universitas Islam Riau.

Puspasari, D. A. (2020). Tingkat Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan (Studi Kasus Kabupaten Temanggung). Bhumiphala : Jurnal Pengembangan Daerah.

Satries, W. I. (2012). Peran Serta Pemuda Dalam Pembangunan Masyarakat. Junal LPPM : PARADIGMA.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Ngiu, Z., Wantu, A. W., & Djafar, D. R. (2021). Sosialisasi Pembinaan bagi Pemuda dalam Pembangunan Desa di Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Abdidas, 2(2), 420 - 423. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.276