International Human Resource Training Program In Hospital Management

Authors

  • Ratih Pratiwi Universitas Wahid Hasyim Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i2.572

Keywords:

human resources training, hospital management, Timor Leste

Abstract

Hospital Nacional Guido Valadares (HNGV) merupakan rumah sakit milik pemerintah Timor Leste yang hingga kini masih melayani pasien dengan optimal. Dengan bantuan dari beberapa negara seperti Australia dan Portugis, rumah sakit ini semestinya menjadi rumah sakit yang terbaik di Timor Leste. Namun keterbatasan sumber daya manusia menjadi penghalang. Masih tingginya benteng diri menerima masukan dan pelaksanaan SOP yang tidak maksimal, menyebabkan timbulnya banyak keluhan dari pasien rumah sakit.Dengan adanya permasalahan yang timbul tersebut, maka pengabdi mengambil inisiatif untuk melakukan pendampingan bagi pegawai-pegawai rumah sakit dari masing-masing bagian yang nantinya penerapan yang telah diberikan dapat disebarluaskan kepada pegawai yang lain sehingga tercipta iklim kerja baru supaya dapat meminimalisir adanya keluhan pasien dan meningkatkan citra rumah sakit dalam segi pelayanan bagi masyarakat. Beberapa metode pelatihan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah menggunakan Off the Job training yaitu pelatihan yang dilaksanakan ditempat kerja terpisah/ diluar tempat kerja, dan diluar waktu kerja reguler. Berdasarkan hasil review yang didapat dari pihak pejabat setempat, para peserta yang turut melaksanakan kegiatan menunjukkan peningkatan kinerja dan juga lebih open-minded dan memiliki keinginan untuk memperbaiki sistem. Hal ini merupakan implikasi yang positif bagi manajemen, karena mereka membawa perubahan yang baik bagi instansi sehingga kedepannya membawa imbas yang baik bagi pelayanan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agrasadya, A. (2020). Effect Of Work Discipline And Training On Employee Performance Of Pt Federal International Finance Depok Branch. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 10(1), 15–24.

Elia, F. D. (2019). Training And Performance In The Transition Period. 14(January), 25–26. https://Doi.Org/10.14198/Jhse.2019.14.Proc2.15

Elizar, E., & Tanjung, H. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 46-58.

Fandy. 2007. Service Managemen : Mewujudkan Layanan Prima, Andi Offset, Yogyakarta

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Lutfi, A., & Minarni, M. (2019). Sistem Informasi Human Resource Manajemen Pada Perusahaan Berbasis Web (Studi Kasus: Pt. Samudra Mas). Jurnal Penelitian Dosen Fikom (Unda), 8(1).

Pande, I. K. A. P., Dwirandra, A. A. N. B., & Mimba, N. P. S. H. (2017) Peran Psychological Capital Dan Komitmen Organisasi Dalam Memoderasi Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Kompetensi Manajerial Pada Kinerja Manajerial. Buletin Studi Ekonomi, 227-238.

Rohmah, N. F. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1-11.

Siswanto, S. (2008). Manajemen Tenaga Kerja Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sriwidodo, U., & Haryanto, A. B. (2010). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Komunikasi Dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(1), 47-57.

Sopiah. (2008). Perilaku Indonesia. Yogyakarta: Andi. Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.

Sofiyandi, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Graha.

Yusuf, F., Shinta, M. R., & Fransisco, S. (2020). The Influence Of Training On Employee Performance In Pt . Pelni ( Persero ) Jakarta.

Downloads

Published

2022-03-18

How to Cite

Pratiwi, R. (2022). International Human Resource Training Program In Hospital Management. Jurnal Abdidas, 3(2), 259 - 265. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i2.572

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.