Pelatihan Penguatan Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berbasis Karakter dan Potensi Masyarakat di Desa Pombulaa Jaya Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan

Authors

  • Sulsalman Moita Sosiologi, FISIP, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.703

Keywords:

tata kelola, BUMDes, karakter, potensi masyarakat

Abstract

Eksistensi Badan Usaha Milik Desa selain menjadi sokoguru perekonomian desa juga dapat mengurangi angka pengangguran melalui penciptaan lapangan kerja. Problematika yang dihadapi BUMDEs adalah minimnya dana penyertaan yang bersumber dari dana desa dan rendahnya kompetensi pengurus dalam tata kelola BUMDes. Tujuan dari Program Kemitraan Masyarakat ini adalah: (1) Penguatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan pengurus dan pengelola BUMDes dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam berbasis karakter dan potensi masyarakat; (2) Penguatan kemampuan manajemen pengelolaan usaha penerima bantuan BUMDes berdasarkan karakter dan potensi ekonomi masyarakat; dan (3) Menguatnya strategi kolaborasi dan sinergi antara pengurus, pengelola serta masyarakat menerima program BUMDes sehingga mampu meningkatkan kemandirian, keswadayaan, dan kesejahterannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode yang dilakukan adalah pelatihan dengan memfokuskan pada penyuluhan dan FGD. Hasil program kemitraan masyarakat adalah: Meningkatnya pengetahuan dan kapasitas  pengurus, pengelola dan penerima manfaat BUMDES berbasis karakter dan potensi masyarakat, melalui kemampuan manajemen pengelolaan usaha, kolaborasi dan sinergi sehingga BUMDes dapat menjadi wadah ekonomi desa guna meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonymous. Pendekatan Utuh Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa, Http://Www.Keuangandesa.Com/Pendekatan-Utuh-Penguatan-Kelembagaanekonomi-Desa/, Tanggal 4 Mei 2017, Jam 10.30 Wib.

Malik, Mulyadin. 2017. Membangun Daya Saing Desa Melalui Pengembangan Bumdes (Antara Peluang Dan Tantangan Di Era Pasar Bebas). Makalah Disajikan Pada Kuliah Umum Mahasiswa Fisip Unihaz Bengkulu, Jakarta: Kementerian Luar Negeri Ri.

Permendesa Pdtt No. 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan, Dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Program Desa Lestari. 2016. Pendekatan Utuh Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa. Yogyakarta: Yayasan Penabulu.

Susilo, Budi Dan Komara, K. Eko. 2016. Baseline Research “Membangun Gerakan Desa Wirausaha”. Yogyakarta: Yayasan Penabulu.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Moita, S. . (2022). Pelatihan Penguatan Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berbasis Karakter dan Potensi Masyarakat di Desa Pombulaa Jaya Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Abdidas, 3(6), 959 - 966. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.703

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.