Pelatihan Kewirausahaan bagi Perempuan Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Terdampak Pandemi Covid-19

Authors

  • Sulsalman Moita Sosiologi, FISIP, Universitas HaLu Oleo, Kendari, Indonesia
  • La Ode Monto Sosiologi, FISIP, Universitas HaLu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Syaifuddin S Kasim Sosiologi, FISIP, Universitas HaLu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Sarmadan Sarmadan Sosiologi, FISIP, Universitas HaLu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.253

Keywords:

kewirausahaan, perempuan, UKM, virus corona

Abstract

Wabah virus corona yang berlangsung sejak penghujung tahun 2019, tidak hanya menimbulkan krisis kesehatan global yang menyebabkan jutaan manusia terpapar dan ratusan ribu meninggal dunia; namun juga menyebabkan krisis lain seperti krisis ekonomi, sosial, dan politik. Salah satu kelompok yang paling merasakan dampak pandemi Covid-19 adalah kelompok perempuan yang menjalankan usaha kecil menengah. Mereka adalah perempuan single parents (orang tua tunggal), perempuan yang bekerja membantu ekonomi rumah tangga, dan perempuan yang menanggung beban ekonomi orang tua. Tujuan dari kegiatan ini adalah: 1) dipahaminya prinsip-prinsip dan strategi berwirausaha yang baik dan inovatif bagi kaum perempuan dalam mendukung usaha kecil menengah; dan (2) meningkatnya keterampilan, etos kerja, tanggungjawab, disiplin, dan kemandirian perempuan pelaku ekonomi. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode yang dilakukan adalah pelatihan dengan memfokuskan pada penyuluhan, diskusi kelompok, dan tanya jawab. Hasil program kemitraan masyarakat, menunjukkan bahwa peserta pelatihan dapat memahami prinsip dan strategi berwirusaha yang baik, serta melalui diskusi dan tanya jawab peserta mampu memahami dan melakukan praktek tentang kemampuan membangun jaringan, pemanfaatan teknologi dan media informasi, serta penguasaan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fidela, Alifah., Pratama Aprinaldi., & Nursyamsiyah, Tita. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, Vol (3) Mei 2020.

Haeruman, H. (2000). ”Peningkatan Daya Saing UKM untuk Mendukung Program

PEL”. Makalah Seminar Peningkatan Daya Saing. Jakarta: Graha Sucofindo.

Lambing, Peggy A & Kuel, Charles R. (2009). Inovasi dan Kewirausahaan, Praktek dan Dasar-dasar. (Terjemahan Rusjdi Naib). Surabaya: Erlangga.

Nurseto, Tejo. Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 1 No. 1, Februari 2004.

Scharborough, Norman M. (2006). Sepuluh Perintah Bagi Pengusaha. Jakarta: PPM

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Moita, S., Monto, L. O. ., Kasim, S. S., & Sarmadan, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Perempuan Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Terdampak Pandemi Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(2), 263 - 272. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.253

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)