Penyuluhan Strategi Penguatan Partisipasi Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Authors

  • Sulsalman Moita FISIP Universitas Halu Oleo Kendari
  • Sarmadan Sarmadan Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Syaifuddin S Kasim Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Bahtiar Bahtiar Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.109

Keywords:

penyuluhan, partisipasi masyarakat, pandemi, COVID-19

Abstract

Wabah virus corona yang terjadi selama 6 bulan terakhir, telah menimbulkan berbagai krisis, seperti krisis ekonomi, kesehatan, sosial, dan kesehatan. Penanganan pandemi COVID-19, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, namun membutuhkan peran serta masyarakat. Atas dasar tersebut, maka tujuan dari kegiatan Program Kreativitas Masyarakat (PKM) ini adalah penyuluhan strategi penguatan partisipasi masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode yang dilakukan adalah pelatihan dengan memfokuskan pada pendekatan Focus Group Discussion (FGD). Pendekatan FGD menekankan pada strategi dan implementasi bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam penanganan pandemi COVID-19. Hasil Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menunjukkan bahwa peserta dapat memahami bentuk-bentuk dan strategi partisipasi yang paling relevan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Peserta juga melalui forum FGD dan aksi, menerapkan partisipasi tersebut melalui kegiatan seperti penyemprotan cairan disinfektan, distribusi masker, penyiapan sarana cuci tangan, pembersihan lingkungan, dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Isbandi Rukminto. 2007. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas. Dari Pemikiran Menuju Penerapan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ach. Wasir, WS. 1999. Panduan Penguatan Manajemen Lembaga Swadaya Masyarakat. Jakarta: Sekretariat Bina Desa.

Mikkelsen, Britha 1999. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan: Sebuah Buku Pegangan Bagi Para Praktisi Lapangan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Moita, S., Sarmadan, S., Kasim, S. S., & Bahtiar, B. (2020). Penyuluhan Strategi Penguatan Partisipasi Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Jurnal Abdidas, 1(6), 518-526. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.109