Peran Anggota Dharmawanita sebagai Perempuan dan Ibu Bangsa dalam Turut Mempersiapkan Bunga Bangsa untuk Mendukung “Gerakan Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”

Authors

  • Umi Farichah Bascha D-III Manajemen Perhotelan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga
  • Nove Hidajati Anwar Departemen Kedokteran Dasar Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga
  • Nur Emma Suriani D-III Manajemen Perhotelan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga
  • Dian Yulie Reindrawati D-III Manajemen Perhotelan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i5.693

Keywords:

bunga-bangsa, bunga edible, gaya hidup sehat, pendidikan

Abstract

Menengok sejarah bahwa Kemerdekaan adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk meraihnya melalui rangkaian perjuangan panjang. Usaha pahlawan tidak akan pernah sia-sia selama kita terus mengharumkan dan memajukan Indonesia. Ibu bangsa yang dimaksud yakni para perempuan yang mendidik, merawat generasi penerus masa depan bangsa di lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. Ibu bangsa mempunyai tugas mulia mempersiapkan generasi yang kreatif , inovatif , unggul , memiliki wawasan kebangsaan yang militan  dan berdaya saing pada revolusi industry 4.0. Era sekarang, ibu bangsa masa kini tidak hanya membina keluarga tapi juga berkiprah di masyarakat. Edible Flower merupakan jenis bunga yang dapat dimakan dalam keadaan segar. Penyajian bunga edible untuk dikonsumsi ada beragam jenis seperti disajikan dalam bentuk salad, hidangan tunggal, dan pula disajikan dalam bentuk hidangan pendukung makanan utama. Peserta dalam talkshow ini termotivasi untuk memaknai momentum Hari Ulang Tahun  kemerdekaan RI ke 77 tahun. Tujuan dari Talkshow ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada ibu-ibu Dharmawanita Persatuan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga agar terinspirasi membuat makanan dan minuman dari kebun sendiri serta menanam bunga yang dapat digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, yang berfungsi sebagai penambah cita rasa, pemberi warna, garnish, sebagai bagian yang bisa dimakan atau dikonsumsi, maupun meningkatkan kesehatan. Setelah mengikuti kagiatan ini ibu-ibu peserta talkshow mengetahui beberapa resep dari bunga yang dapat dimasak di rumah, memanfaatkan bunga yang dapat tumbuh dipekarangan rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, Andi. 2017. Kemerdekaan Dan Kedaulatan Rakyat Dalam Perspektif Mohammad Hatta Dan Islam. Manthiq Vol. 2, No. 2, November 2017

Choiriyah, Nurul A. 2020. Artikel Review Kandungan Antioksidan Pada Berbagai Bunga Edible Di Indonesia. (Diakses, Https://Journal.Univetbantara.Ac.Id/Index.Php/Agrisaintifika/Article/View/892 )

Intihaulkhiyaroh. 2022. Perempuan Dibalik Kemerdekaan. (Diakses, Https://Iaitabah.Ac.Id/Perempuan-Dibalik Kemerdekaan)

Izabel, Cristina Dos Santos & Simone Novaes Reis. 2021. Edible Flowers: Traditional And Current Use.

Khairunisa, Siti. 2022. 8 Edible Flowers Indonesia, Teh Seduh Dari Bunga Yang Kaya Akan Manfaat. Yoursay.Id. (Diakses, Https://Yoursay.Suara.Com/Health/2022/02/11/102258/8-Edible-Flowers-Indonesia-Teh-Seduh-Dari-Bunga-Yang-Kaya-Akan-Manfaat.)

Lauderdale, Cyndi, Bradley Lucy. Nc Coorperative Extension. 2020. Choosing And Using Edible Flowers Enjoy The Flavor, Color, And Texture That Flowers Can Bring To Food. (Diakses, Https://Gardening.Ces.Ncsu.Edu/2020/03/Choosing-And-Using-Edible-Flowers/ )

Natália K. Simoni, Dkk. 2018. The Use Of Edible Flowers In Human Food: Sensory Analysis Of Preparations. International Journal Of Food Engineering Vol. 4, No. 2, June 2018

Optimalisasi Peran Perempuan Dalam Pembangunan. 2019. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan. (Diakses, Https://Www.Kemenkopmk.Go.Id/Optimalisasi-Peran-Perempuan-Dalam-Pembangunan)

Priyowidodo, Gatut. 2014. Hakekat Kemerdekaan. Edisi 75 (112) Agustus 2014

Publikasi Dan Media Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. 2020. Perempuan Setara, Perempuan Merdeka Https://Kemenpppa.Go.Id/Index.Php/Page/Read/29/2820/Perempuan-Setara-Perempuan-Merdeka

Suwandi, Ricky Pratama, Dkk. 2014. Kesadaran Mahasiswa Terhadap Penggunaan Edible Flowers Sebagai Garnish Dalam Penyajian Makanan (Studi Kasus: Mahasiswa Pengolah Makanan Pada Program Studi Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia Dan Stp Bandung). The Journal Gastronomy Tourism Volume 1 Nomor 2, Desember 2014, Page 125-137.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Bascha, U. F. ., Anwar, N. H. ., Suriani, N. E. ., & Reindrawati, D. Y. . (2022). Peran Anggota Dharmawanita sebagai Perempuan dan Ibu Bangsa dalam Turut Mempersiapkan Bunga Bangsa untuk Mendukung “Gerakan Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Jurnal Abdidas, 3(5), 925 - 936. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i5.693

Most read articles by the same author(s)