Pendampingan Mitigasi dan Simulasi dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Desa Rambu-rambu Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara

Authors

  • Hasria Hasria Teknik Geologi, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Erzam S Hasan Teknik Geofisika, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Irawati Irawati Teknik Geofisika, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Syamsul Razak Haraty Teknik Geofisika, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Ali Okto Teknik Geologi, Universitas Halu Oleo, Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i4.609

Keywords:

mitigasi bencana, gempabumi, simulasi, Kecamatan Kolono Timur, Konawe Selatan

Abstract

Desa Rambu-Rambu Kecamatan Kolono Timur merupakan salah satu Desa yang berada di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Sebagian besar penduduknya adalah petani dan nelayan dengan mata pencaharian utama berkebun dan menangkap ikan. Permasalahan yang dihadapi adalah Desa ini merupakan wilayah yang berpotensi terjadinya gempabumi karena berada pada kelompok sesar Kolono, sementara pengetahuan masyarakat tentang gempabumi masih kurang.  Hal ini didukung oleh keberadaan rumah penduduk yang berada di pesisir pantai yang juga sangat berpotensi terhadap tsunami jika gempabumi terjadi. Melihat masalah yang dihadapi tersebut, maka dapat dilakukan upaya untuk memitigasi bencana gempabumi tersebut dengan memberikan pemahaman masyarakat tentang hal-hal yang mesti dilakukan dalam mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh gempabumi. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan dan bimbingan teknis dalam simulasi bencana gempabumi. Hasil yang diperoleh setelah melakukan pengabdian kepada masyarakat memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat setempat. Masyarakat setempat dapat memahami tentang kegempaan dan bagaiman cara pengggulangan bencana gempabumi baik sebelum terjadi gempabumi, saat terjadi gempabumi, dan setelah terjadi gempabumi sehingga terciptanya masyarakat yang tanggap dan tangguh terhadap bencana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BMKG. 2017. Peta sebaran titik gempabumi tahun 2017 di Sulawesi Tenggara. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara.

BNPB. 2017. Buku Pedoman Kesiapsiagaan Bencana: Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana. Jakarta.

Hall, R. 1995. Plate tectonic reconstructions of the Indonesian region. Indonesian Petroleum Association, Proceedings 24th Annual Convention, 24, 71-84.

Hamilton, W., 1979, Tectonics of Indonesian Region, U.S Geol. Survey, Prof. Paper, 1078, Washington, 345 pp

Riki, A., 2018. 4 Alasan kenapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi (online). Tersedia : https://www.idntimes.com/sience/discovery/aswar-riki/4-alasan-kenapa-di-indonesia-sering-terjadi-gempa-bumi-clc2/full.

Sidarto dan Bachri, S. 2013. Struktur Geologi, dalam Surono dan U. Hartono (Eds.), Geologi Sulawesi, LIPI Press, Jakarta, 277-302p.

Surono. 2013. Geologi Lengan Tenggara Sulawesi. Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Bandung, 169p.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun (2007) tentang Penanggulangan Bencana.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Hasria, H., Hasan, E. S., Irawati, I., Haraty, S. R. ., & Okto, A. . (2022). Pendampingan Mitigasi dan Simulasi dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Desa Rambu-rambu Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Abdidas, 3(4), 644 - 654. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i4.609