Pelayanan Baby Message dengan Aroma Terapi Lavender Terhadap Kualitas Tidur Bayi

Authors

  • Defi Yulita Kebidanan, STIKes Alifah Padang
  • Trya Mia Intani Kebidanan, STIKes Alifah Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.542

Keywords:

baby massage, terapi lavender, , kualitas tidur bayi

Abstract

Tidur cukup akan membuat tubuh dan otak bayi  berkembang baik dan normal. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tidur tersebut  adalah dengan pijatan. Bayi yang dipijat akan dapat tidur dengan lelap, sedangkan pada waktu bangun, daya konsentrasinya  akan  lebih bagus. Untuk membuat atmosfer  yang  menyenangkan  saat  melakukan pijat bayi, ciptakan suasana yang menyenangkan, dapat menyetel musik yang menyenangkan biasa juga menggunakan aromaterapi  untuk menenangkan bayi. tujuan dari pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan informasi kepada ibu bayi untuk melakukan sentuhan baby message dengan memberikan aroma terapy lavender agar dapat menciptakan tidur balita yang berkualitas. Adapun metode yang digunakan dengan praktik langsung ke Bayi mengenai teknik pijatan bayi di BPM Hj. Umil Fahmi Amd.Keb Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, dkk. 2010. Fisiologi Tidur dan Pernafasan. Jakarta: Departemen Pulmonologi dan llmu Kedokteran Respirasi FKUI -- SMF Paru RSUP Persahabatan.

Fathoni, M., dkk, (2006). Pengaruh Pemijatan Terhadap Peningkatan Kwalitas Tidur Bayi Usia 4-6 Bulan Di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowowaru Kota Malang. Jurnal Malang: Program Studi llmu Keperawatan Universitas Brawijaya.

Permata A. (2017). Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Lama Tidur

Ma/am Pada Bayi 3-6 Bulan

Prima Dewi. (2013). Aromaterapi Lavender sebagai Media Relaksasi. E• Jurnal Medika Udayana: Vol. 2 No.1.

Ubaya, R.L. (2010). Analisis Pijat Bayi dengan Kwalitas Tidur Bayi Umur 6-12 bulan di Desa Kertosari Kecamatan Singosari Kabupaten Kendal Undergraduate Thesis. Semanrang: Program Sarjana llmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Yulita, D., & Intani, T. M. . (2022). Pelayanan Baby Message dengan Aroma Terapi Lavender Terhadap Kualitas Tidur Bayi. Jurnal Abdidas, 2(6), 1467 - 1471. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.542