Sosialisasi Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online

Authors

  • Lasma Siagian Pendidikan Ekonomi, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.439

Keywords:

google classroom, pembelajaran online, teknologi

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini dapat mempengaruhi dunia pendidikan. Guru dituntut memiliki kemampuan yang cukup dalam mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu pengaruh positif teknologi sebagai penunjang pendidikan yaitu pemanfaatan media e-learning berbasis Google Classroom sebagai media pembelajaran. Pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh. Salah satu solusi dalam pembelajaran jarak jauh adalah dengan menggunakan Google Classroom sebagai media yang memudahkan guru dan peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar di rumah. Pemanfaatan Google Classroom saat ini sangat efisien dan efektif yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Guru dapat memberikan materi secara online baik berupa teks, gambar, audio, maupun video kepada peserta didik. Mitra yang terlibat dalam pengabdian ini adalah guru guru di SMK Yapim Sei Rotan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan sudah memahami langkah-langkah dan bagaimana cara  menggunakan aplikasi google classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, R., (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.

Deviyanti, Dkk. (2020). Pengembangan Media Elearning Berbasis Google Classroom Untuk Hmeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Di Sma Unggul Sakti Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol. 1, No. 1: 303-316. (Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V1i1.264).

Gunawan, Sunarman. (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia: 340-348. (Http://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php

Hanum, N.S., (2013). Keefetifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Downloads

Published

2021-09-23

How to Cite

Siagian, L. (2021). Sosialisasi Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online . Jurnal Abdidas, 2(5), 1133 - 1139. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.439

Issue

Section

Articles