Persiapan Menghadapi Dunia Kerja bagi Mahasiswa Tingkat Akhir dan Lulusan Baru

Authors

  • Masril Masril Akuntansi, STIE Mahaputra Riau, Pekanbaru
  • Menhard Menhard Akuntansi, STIE Mahaputra Riau, Pekanbaru
  • Zubir Zubir Akuntansi, STIE Mahaputra Riau, Pekanbaru
  • Nusyirwan Nusyirwan Manajemen, STIE Mahaputra Riau
  • Rahmadani Hidayat Manajemen, STIE Mahaputra Riau, Pekanbaru
  • Jefriyanto Jefriyanto Akuntansi, STIE Mahaputra Riau, Pekanbaru
  • Maya Rizki Sari Akuntansi, STIE Mahaputra Riau, Pekanbaru
  • Muhammad Yusuf Akuntansi, STIE Mahaputra Riau, Pekanbaru
  • Jonnedi Jonnedi Pascasarjana Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.431

Keywords:

pembekalan, persiapan, mahasiswa, dunia kerja, lulusan baru

Abstract

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat membuat lulusan perguruan tinggi harus meningkatkan daya saing agar dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Dalam kondisi seperti ini, kemampuan intelektual dan akademik yang tinggi saja tidak cukup untuk mudah mendapatkan pekerjaan. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pembekalan kepada mahasiswa tingkat akhir dan lulusan baru yang berada di lingkungan STIE Mahaputra Riau tahun 2021 sebelum memasuki dunia kerja. Hal ini didorong karena semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja, sehingga para pelaksana kegiatan ini merasa perlu jika para mahasiswa diberikan pengetahuan mendasar dalam memahami dunia pasca kampus dengan memberikan pencerahan menghadapi dunia kerja dari yang ahli di bidangnya. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan media zoom dan di ikuti oleh sebanyak 78 peserta dan menghadirkan narasumber Kepala Administrasi Agung Automall yang memiliki banyak pengalaman dalam proses asesmen dalam organisasi, yaitu Ibu Refnelidha Yeva. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa para peserta menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja dan dapat menentukan pilihan yang akan diambil setelah memasuki dunia pasca kampus dilihat dari respon sebaran kuesioner evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Forbes Coaches Council (2020), Starting A New Chapter: 14 Useful Tips For College Graduates, Https://Www.Forbes.Com/.

Hadi, M. F. Z. (2015). Pemanfaatan Konseling Neuro Linguistic Programming. Jurnal Risalah, 26(4), 174–182.

Krishnan, I. A., Ramalingam, S. J., Ching, H. S., Dan Maruthai, E. 2017. The Selection Practices And Recruitments Of Fresh Graduates In Local Organisation’s Job Interview, Journal Of Language And Communication, 4(2).

Nurjanah, A. S. (2018). Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Kecemasan Mahasiswa Fresh Graduate Dalam Melamar Pekerjaan. Ejournal, 1(2), 35–38.

Prihastuti, N. W. S., & Rahmawati. (2012). Tingkat Kecemasan Sarjana. 4(3), 2–6.

Putra, U. (2017). The_Selection_Practices_And_Recruitments. 4(2), 153–167.

Rizky N, Dkk. (2021). Pelatihan Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Bagi Mahasiswa Lulusan Baru, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Banua, 2(1), 17-21.

Downloads

Published

2021-09-16

How to Cite

Masril, M., Menhard, M., Zubir, Z., Nusyirwan, N., Hidayat, R. ., Jefriyanto, J., Sari, M. R. ., Yusuf, M. ., & Jonnedi, J. (2021). Persiapan Menghadapi Dunia Kerja bagi Mahasiswa Tingkat Akhir dan Lulusan Baru. Jurnal Abdidas, 2(5), 1092-1098. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.431

Issue

Section

Articles