Upaya Mewujudkan Sehat Jiwa dalam Penggunaan Gadget Selama Pandemi Covid-19 di SMA Hang Tuah Surabaya

Authors

  • Hidayatus Sya’diyah Pendidikan Profesi Ners, STIKes Hang Tuah Surabaya
  • Sukma Ayu Candra Kirana Keperawatan, STIKes Hang Tuah Surabaya
  • Lela Nurlela Keperawatan, STIKes Hang Tuah Surabaya
  • A.V. Sri Suhardiningsih Keperawatan, STIKes Hang Tuah Surabaya
  • Dya Sustrami Keperawatan, STIKes Hang Tuah Surabaya
  • Diyan Mutyah Keperawatan, STIKes Hang Tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.397

Keywords:

sehat jiwa, gadget, remaja

Abstract

Penerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran virus menyebabkan semua aktivitas dilakukan di rumah, salah satunya dibidang pendidikan yang memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Data menunjukkan 79 % orang tua memberi izin ke anak memakai gadget untuk kegiatan selain belajar online dan hanya 21% orang tua yang melarang anak memakai gadget selain untuk belajar online, sehingga perlu diimbangi dengan kesehatan jiwa untuk mendukung kegiatan tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran siswa mewujudkan sehat jiwa bagi remaja dengan penggunaan gadget yang sering selama pandemi Covid-19 di SMA Hang Tuah Surabaya. Kegiatan melibatkan guru penanggung jawab UKS dan Guru BP, dan siswa. Kegiatan melalui tiga tahap yaitu tahap awal yaitu sosialisasi, tahap ke dua adalah pelaksanaan dan tahap ketiga evaluasi. Tahap pelaksanaan yang meliputi edukasi, pendampingan siswa dan diakhiri tahap evaluasi kegiatan. Edukasi mewujudkan sehat jiwa remaja di masa pandemi dilakukan melalui Google Meeting. Kegiatan dilaksanakan dengan baik dan diperoleh keadaan kesehatan jiwa siswa SMA Hang Tuah Surabaya mayoritas tidak mengalami gangguan mental emosional. Kepala sekolah beserta jajaran SMA Hang Tuah Surabaya mendukung keberlanjutan program pendampingan upaya pencegahan masalah kesehatan jiwa bagi siswanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar (2021) ‘5 Tips Agar Anak Tak Kecanduan Gadget Di Masa Pandemi.’, Detikhealth.

Ariston, Y. Dan F. 2018 (2018) .‘Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah. Journal Of Educational Review And Research. Volume 1. No. 2 Santrock, John W. 2012. " Life-Span Development Perkembangan Masa-Hidup "’, Jakarta: Erlangga.

Azizah (2020) ‘Survei KPAI: 79% Anak Pakai Gadget Selain Untuk Belajar Selama Pandemi Corona’, Kumparan News.

Jamaiah (2021) ‘Pengaruh Gadget Pada Siswa Di Masa Pandemi.’, Naikpangkat.Com, All Rights Reserved.

Kemendikbud (2019) ‘No 1. Anwar. 2021. 5 Tips Agar Anak Tak Kecanduan Gadget Di Masa Pandemi. Detikhealth 2. Ariston, Yummi Dan Frahasini. 2018. Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah. Journal Of Educational Review And Research. Volume 1. No. 2 Santro’, In. Kemendikbud.

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Sya’diyah, H., Kirana, S. A. C. ., Nurlela, L., Suhardiningsih, A. S. ., Sustrami, D., & Mutyah, D. (2021). Upaya Mewujudkan Sehat Jiwa dalam Penggunaan Gadget Selama Pandemi Covid-19 di SMA Hang Tuah Surabaya. Jurnal Abdidas, 2(5), 1204 - 1211. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.397

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)