Peningkatan Kesehatan dan Akses Screening Awal Kanker Serviks

Authors

  • Mardiana Ahmad S2 Ilmu Kebidanan, Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Suryani As’ad S2 Ilmu Kebidanan, Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Sharvianty Arifuddin S2 Ilmu Kebidanan, Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.258

Keywords:

kanker serviks, deteksi dini, pengetahuan

Abstract

Masalah kesehatan reproduksi yang dihadapi oleh wanita pada saat ini adalah meningkatnya infeksi pada organ reproduksi, yang pada akhirnya menyebabkan kanker. Salah satu kanker yang menyebabkan kematian nomor dua pada wanita adalah kanker serviks. Kanker leher rahim merupakan penyakit yang disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus). Pap smear dan inspeksi visual asam asetat (IVA) merupakan skrining atau deteksi dini untuk mengetahui penyakit kanker serviks. Karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit, maka sering sulit mendeteksi penyakit-penyakit yang terjadi dalam masyarakat. Oleh sebab itu, pendidikan kesehatan sangat diperlukan dalam tahap deteksi ini. Pengabdian masyarakat telah dilakukan dengan tema “Peningkatan Kesehatan dan Akses Skrining Awal Kanker Serviks’’ dengan metode penyuluhan dan deteksi dini kanker serviks dengan pelaksanaan IVA. Sasaran kegiatan ini berjumlah 54 peserta. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada ibu hamil, pasangan usia subur untuk mendeteksi secara dini gejala-gejala kanker serviks serta meningkatkan pengetahuan ibu tentang gejala awal kanker serviks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, Arman, & Muh.Khidri, A. (2017). Displasia Serviks Dengan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ) Di Kabupaten Barru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis Volume, 11, 268–273.

Mastutik, G., Alia, R., Rahniayu, A., Kurniasari, N., Rahaju, A. S., & Mustokoweni, S. (2015). Skrining Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Pap Smear di Puskesmas Tanah Kali Kedinding Surabaya dan Rumah Sakit Mawadah Mojokerto. Majalah Obstetri & Ginekologi, 23(2), 54. https://doi.org/10.20473/mog.v23i2.2090

Pusat Data dan Informasi Kementerian. (2015). Situasi Penyakit Kanker. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Priyoto.2014. Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta.

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Universitas Sebelas Maret. (2013). Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi. 1–46.

Downloads

Published

2021-04-07

How to Cite

Ahmad, M., As’ad, S., & Arifuddin, S. (2021). Peningkatan Kesehatan dan Akses Screening Awal Kanker Serviks. Jurnal Abdidas, 2(2), 297-302. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.258

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)