Pelatihan Kemampuan Listening melalui Media Lagu Bahasa Inggris kepada Siswa Kelas X MA Al Ikhsan Beji, Kedungbanteng

Authors

  • Dinar Faiza Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Indonesia
  • Meilina Haris Mayekti Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Indonesia
  • Ade Christanty Yudha Bestari Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.252

Keywords:

pembelajaran bahasa Inggris, listening skill, lagu

Abstract

Banyak kendala yang dijumpai siswa di sekolah menegah atas dalam pembelajaran berbahasa Inggris seperti kurangnya ketertarikan dalam belajar bahasa Inggris dan menganggap bahasa Inggris sebagai suatu momok menakutkan. Fenomena ini terjadi juga di MA Al Ikhsan, Desa Beji Kecamatan Kedung Banteng. Metode pembelajaran yang kurang berkembang dan dilakukan secara kaku, menimbulkan kebosanan dalam belajar. Membangkitkan kemauan dan ketertarikan kepada bahasa Inggris adalah salah satu tugas dan tantangan untuk para pengajar bahasa Inggris. Salah satu strategi mengajar bahasa Inggris yang menarik adalah melalui lagu. Terutama dalam proses mengasah kemampuan listening. Pelatihan kemampuan listening melalui media lagu ini diterapkan melalui kegiatan PKM di  MA Al Ikhsan Beji. Pelatihan listening melalui lagu bahasa Inggris telah dilaksanakan selama kurun waktu sekitar tiga bulan. Kegiatan dilaksanakan 2-3 minggu sekali di MA Al Ikhsan. Kegiatan pelatihan ini tidak hanya dilaksanakan ketika proses pembelajaran di kelas, tapi juga dilakukan outclass seperti dalam kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris. Aktifitas outclass ini diterapkan dalam proses pelatihan listening dan cukup menarik antusiasme siswa karena mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran listening melalui lagu ini menjadi metode latihan yang menyenangkan dan cukup efektif untuk siswa. Ini dibuktikan dari hasil evaluasi yang dilakukan setelah terlaksananya kegiatan pengabdian. Banyak siswa yang mengalami peningkatan pemahaman vocabulary ketika mereka mendengarkan lagu. Metode fun learning seperti ini dapat menjadi sebuah referensi dalam inovasi pembelajaran untuk guru karena seorang pendidik dituntut untuk terus kreatif dan inovatif di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lee, L. & Chuan-Lin, S. (2015). The impact of music activities on foreign language, English learning for young learners. Journal of the European Teacher Education Network, 10(3), 13-23.

Ludke, K., Ferreira, F. & Overy, K. (2013). Singing Can Facilitate Foreign Language Learning. Memory and Cognition, 41(5), 41-52.

Saricoban, A. & Metin, E. (2010). Songs, Verse and Games for Teaching Grammar. The Internet TESL Journal, 6(10).

Suwartono. (2019). Songs Helped Them Learn the English Connected Speech. Journal Scientia Jurnal Bahasa, 11(1), 59-68.

Shtakser, I. (2013). Using Music and Songs in the Foreign Language Classroom. [Online]. Tersedia pada: http://www.laits.utexas.edu/hebrew/music/ music.html [18 Agustus 2018].

Sylla, N. (2014). The Impact of Songs and Games in English Language Teaching: A Research Project. [Online]. Tersedia pada: http://www.memoireonline.com [Oktober 2018]

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Faiza, D., Mayekti, M. H. ., & Bestari, A. C. Y. . (2021). Pelatihan Kemampuan Listening melalui Media Lagu Bahasa Inggris kepada Siswa Kelas X MA Al Ikhsan Beji, Kedungbanteng. Jurnal Abdidas, 2(2), 253 - 262. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.252

Issue

Section

Articles