Pendampingan Pengurusan NIB SMK Muhammadiyah 2 Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Achmad Syaiful Hidayat Anwar Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Ghina Harventy Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Mudrifah Mudrifah Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.114

Keywords:

amal usaha muhammadiyah, ijin pendirian, nomor induk berusaha, NPWP

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan penataan (perbaikan) ulang pada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Kabupaten Tulungagung yaitu SMK Muhammadiyah 2 yang berlokasi di Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Penataan ulang AUM tersebut terkait dengan keberadaan dan profil AUM yang akan dijadikan sebagai dasar untuk pemutakhiran database AUM. Berdasarkan aktivitas pendampingan terkait dengan pengurusan ijin pendirian, NIB, NPWP, dan pengelolaan keuangan dapat diinformasikan bahwa untuk ijin pendirian dan NPWP telah dilakukan oleh pengelola SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya dokumen pengesahan pendirian, ijin perpanjangan operasional, dan NPWP. Namun berkenaan dengan pendaftaran NIB belum tuntas dan masih dalam proses menunggu konfirmasi dari PDM dan PP Muhammadiyah. Pengelolaan keuangan di SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung terlaksana dengan baik namun perlu didukung dengan adanya aplikasi yang menunjang keefektivan pelaporan keuangan. Status kepemilikan lahan atas aset tanah yang digunakan oleh AUM perlu adanya penegasan mengingat tanah tersebut merupakan tanah hibah dan berdampak pada besaran PBB yang harus dibayarkan oleh pihak sekolah. Terakhir, berkenaan dengan kewenangan penerbitan SK pendirian AUM perlu disinkronkan, dievaluasi dan ditata kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firdausyi, I. R. (2017) “Perkembangan Persyarikatan dan Amal Usaha Muhammadiyah Cabang Merden Purwanegara Banjarnegara,” Jurnal Khazanah Pendidikan, X(2).

Isroah (2013) “Perhitungan Pajak Penghasilan Bagi UMKM,” Jurnal Nominal, II(1), hal. 1689–1699.

Kamaruddin dan Idris, M. (2015) “Eksistensi dan Peranan Persyarikatan Muhammadiyah Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam,” Jurnal Istiqra’, III(September), hal. 217–243.

Mayasari, I. (2018) “Online Single Submission Policy in The Framework of The Acceleration and Enhancement of Capital and Business,” ICASPGS, hal. 98.

Saguni, M. K. (2018) “Muhammadiyah Paradigma Gerakan Sosial Keagamaan,” Jurnal Nukhbatul ’Ulum, 4(2), hal. 21–30.

Downloads

Published

2020-11-04

How to Cite

Anwar, A. S. H. ., Harventy, G., & Mudrifah, M. (2020). Pendampingan Pengurusan NIB SMK Muhammadiyah 2 Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Jurnal Abdidas, 1(6), 571-578. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.114

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.