Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Visual Siswa-Siswi melalui Workshop Sinematografi di SMK Negeri 4 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/abdidas.v5i4.949Keywords:
Workshop sinematografi, komunikasi visual, imajinasi, pendekatan partisipatifAbstract
Di era digital, keterampilan komunikasi visual menjadi semakin penting. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan komunikasi visual dan imajinasi siswa-siswi SMK Negeri 4 Semarang melalui workshop sinematografi. Menggunakan metode pendekatan partisipatif, workshop dilaksanakan pada 27 Juni 2024 selama 4 jam di Ruang Aula Utama sekolah, diikuti oleh 30 siswa-siswi kelas XI dan XII jurusan Multimedia. Kegiatan mencakup aspek teoretis dan praktis sinematografi, termasuk pengenalan dasar, teknik pengambilan gambar, pengembangan imajinasi, tahapan produksi film, dan pengenalan software editing. Peserta terlibat aktif dalam pembelajaran praktik langsung pembuatan film pendek. Evaluasi program dilakukan melalui observasi, wawancara, dan forum diskusi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep-konsep dasar sinematografi seperti komposisi gambar, pencahayaan, dan penyuntingan video. Siswa-siswi juga mampu membuat film pendek menggunakan teknik-teknik yang dipelajari. Workshop ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi visual dan dapat menjadi model pembelajaran bagi sekolah-sekolah lain yang ingin mengembangkan keterampilan serupa pada siswa-siswinya.
Downloads
References
Aesthetika, N. M., & Febriana, P. (2022). Buku Ajar Komunikasi Visual. In Buku Ajar Komunikasi Visual. Https://Doi.Org/10.21070/2023/978-623-464-063-2
Estu Miyarso, M. P. (2014). Peran Penting Sinematografi Dalam Pendidikan Pada Era Teknologi Informasi & Komunikasi. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 7(2), 107–115.
Fitriani, N., & Susanti, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Editor Video Vn Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Xi Sma Pm At-Taqwa. Jurnal Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 584–591.
Harahap, L. (2019). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. 375–381.
Hosting, R. J. (2023). 13 Contoh Perangkat Keras Komputer & Fungsinya. Jagoan Hosting_. Https://Www.Jagoanhosting.Com/Blog/Perangkat-Keras-Komputer/
Indeed. (2023). Cinematography Vs. Videography: Differences And Salary Info. Indeed. Https://In.Indeed.Com/Career-Advice/Career-Development/Cinematography-Vs-Videography
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi) Vi. (2016). Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Https://Kbbi.Kemdikbud.Go.Id/Entri/Sinematografi
Muslim, A. (2017). Implementation Of Participatory Learning Through Focus Group Discussions In Improving Student Communication Skills. Journal Of Pedagogy, 4(1), 15–20. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V4i1.3019
P, G. A. T. (2023). Menyelami Dunia Komunikasi Visual Yang Dinamis Dan Berpengaruh. Stekom.Ac.Id. Https://Stekom.Ac.Id/Artikel/Menyelami-Dunia-Komunikasi-Visual-Yang-Dinamis-Dan-Berpengaruh
Pamungkas, A. S. (2020). Perspektif Komunikasi Visual Pada Pengembangan Bahan Ajar Sains Berbasis Digital Untuk Siswa Sd. Jurnal Suluh Pendidikan, 8(2), 32–41. Https://Doi.Org/10.36655/Jsp.V8i2.287
Rohmadi, S. (2022). Model Pembelajaran Partisipatoris Yang Berkualitas Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Berita Magelang. Https://Www.Beritamagelang.Id/Kolom/Model-Pembelajaran-Partisipatoris-Yang-Berkualitas-Pada-Implementasi-Kurikulum-Merdeka
Sejarah, Profil Dan Struktur Organisasi. (N.D.). Smk 4 Smg. Https://Www.Smk4smg.Sch.Id/P/Sejarah.Html?M=1
Sudjana. (2005). Metode Dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Falah Production.
Yunus, P. P., Aziz, B. I. W., & Hasnawati, H. (2021). Teknik Dasar Sinematografi Bagi Guru Dan Siswa Di Sd Inpres Unggulan Btn Pemda Kota Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 940–951.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erna Zuni Astuti, Arni Ernawati, Erlin Dolphina, Rahmanti Asmarani, Akbar Bagus Prasongko, Usman Zahid Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.