Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Di SD Oebola Di Nusa Tenggara Timur

Authors

  • Yohanes O Jagom Universitas Katolik Widya Mandira, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Irmina V Uskono Universitas Katolik Widya Mandira, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Aloysius J Fernandez Universitas Katolik Widya Mandira, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.73

Keywords:

mathematical props, learning media, matematical concep

Abstract

Alat peraga matematika merupakan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengkongkritkan konsep yang abstrak sehingga menjadi mudah untuk dipahami. Oleh karena itu guru wajib dituntut untuk mampu menghasilkan alat peraga sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar dari siswa. Hal ini perlu dilakukan guru agar mampu memanfaatkan media pembelajaran yang sederhana dalam mentransferkan materi ajar sehingga siswa mampu menangkap dan memahami materi yang disampaikan dengan baik sehingga tujuan pembelajaran yang dirancang dapat tercapai. Tujuan dari pengabdian ini untuk membantu guru-guru dan siswa agar dapat memanfaatkan alat peraga matematika dalam pembelajaran. Metode yang digunakan berupa metode praktek, diskusi serta observasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Inpres Oebola Dalam Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Dengan sasaran peserta guru-guru dan siswa. Pelaksanaan kegiatan pemanfaatan alat peraga matematika sebagai media pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sehingga meningkatkan antusiasme dari peserta dengan memberikan berbagai macam respon positif, serta peserta dapat memahami dan menggunakan alat peraga matematika dalam memahami konsep. Oleh karena itu perlu adanya bimbingan dan pelatihan bagi para guru agar mampu menghasilkan media pembelajaran yang baik sehingga mampu diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan minat dan mitivasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irmina V Uskono, Universitas Katolik Widya Mandira, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Dosen

References

Azmi, S., Sripatmi, Subarina, S., Amrullah, & Turmuzi, M. (2019). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran MatematikaUntuk Meningkatkan Profesionalisme Guru-Guru SD Gugus II Ampenau Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 427–432.

Binanguan, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Pengunaan Alat Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 1(2), 204–214.

Hutagaol, A. S. R., Nyama, H., & Warkitin. (2019). Pengembangan Alat Peraga Papan Berpaku Matematika Kelas III SDN 29 Sungai Puang. J-PiMat, 1(2), 79–90.

Kho, R., Tyas, D. K. N., & Cenderawasih, U. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Guru-Guru SD YPK Yoka Baru Waena Kota Jayapura. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 97–100.

Murdiyanto, T., & Mahatma, Y. (2014). Pengembangan alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa sekolah dasar. Jurnal Sarwahita, 11(1), 38–43.

Nasaruddin. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al - Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(21–30). Retrieved from http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/232/198

Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Sosial, Pendidikan, Humaniora, 3(2), 307–314.

Sa’o, S., Naja, F. Y., & Irfan, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika SMP. Al - Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 65–73.

Susanah, S., Ismail, I., & Astuti, Y. P. (2016). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Di SDN Pakis V Surabaya. Jurnal ABDI, 1(2), 156. https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p156-161

Suwardi, Firmiana, M. E., & Rohayati. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297–305.

Downloads

Published

2020-09-09

How to Cite

Jagom, Y. O., Uskono, I. V., & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Di SD Oebola Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339-344. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.73