Implementasi Relaksasi Autogenik dan Edukasi Diet Guna Pengendalian Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Kuranji Padang

Authors

  • Revi Neini Ikbal STIKes Alifah Padang
  • Rebbi Permata Sari STIKes Alifah Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i5.700

Keywords:

hipertensi, relaksasi autogenik, edukasi, diet

Abstract

Kejadian hipertensi di negara-negara industri sekitar 20% dari populasi. Hipertensi dapat membahayakan penderitanya, namun dapat diobati secara efektif. Relaksasi autogenik membantu individu untuk dapat mengendalikan beberapa fungsi tubuh seperti tekanan darah, frekuensi jantung dan aliran darah. Sensasi tenang, ringan dan hangat yang menyebar ke seluruh tubuh merupakan efek yang bisa dirasakan dari relaksasi autogenik. Managemen hipertensi lainnya dengan diet yang dianjurkan yaitu meningkatkan asupan serat, antioksidan serta membatasi asupan alkohol. Mengurangi asupan natrium (garam) dapat menurunkan tekanan darah. Mempertahankan asupan diet kalium, kalsium, dan magnesium. Kadar potasium, kalsium, dan magnesium yang lebih tinggi dalam makanan dikaitkan dengan penurunan risiko hipertensi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan melakukan bimbingan teknik relaksasi autogenic dan edukasi diet di Wilayah Kerja Kuranji Kota Padang. Peserta pasien dengan hipertensi Wilayah kerja Puskesmas Kuranji Kota Padang sebanyak lebih kurang 20 orang. Pengabmas ini dilakukan pada bulan April  sampai dengan Agustus 2021 di Puskesmas Kuranji. Selama kegiatan penyuluhan, peserta mendengarkan dengan seksama dan peserta antusias bertanya serta penyaji menjawab pertanyaan dari peserta. Setelah dilakukannya kegiatan penyuluhan ini pengetahuan peserta bertambah mengenai hipertensi sehingga dapat menghindari faktor penyebab dan  mengenali gejala-gejala  hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, M. (2012). Medikal Bedah Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Diva Press.

Awad, M. A., Hasanin, M. E., Taha, M. M., Gabr, A. A. 2019. Effect Of Stretching Exercises Versus Autogenic Training On Preeclampsia. Journal Of Exercise Rehabilitation, 15 (1), 109.

Balitbang Kemenkes, R. I. 2014. Riset Kesehatan Dasar; Riskesdas. Jakarta: Balitbang Kemenkes Ri.

Dipiro, J.T., Dipiro,C.V., Wells, B.G., Dan Schwinghammer, T.L. 2015. Pharmacotherapy Handbook. 9th Edition. Mcgraw-Hill. United States

Fratidhina, Y. (2016). Pengaruh Mendengarkan Murottal Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Ibu Hamil Preeklamsi Di Rsia Pku Muhammadiyah Tangerang, 1(2), 40–47

Chris Tanto, Et Al., (2014), Kapita Selekta Kedokteran. Ed Iv. Jakarta : Media Aeskulapius.

Elizabeth J. Corwin, ( 2011) Asuhan Keperawatan Kardiovaskuler Edisi V Jakarta (Buku)

Hasdianah, & Suprapto, S. I. (2016). Patologi & Patofisiologi Penyakit. Yogyakarta: Nuha Medika.

Kemenkes Ri. (2015). Infodatin Hipertensi. Pusat Data Dan Informasi. (Jurnal)

Kumala, M. (2014). Peran Diet Dalam Pencegahan Dan Terapi Hipertensi. Damianus Journal Of Medicine, 13(1), 50-61.

Lim, S. J., Kim, C. 2014. Effects Of Autogenic Training On Stress Response And Heart Rate Variability In Nursing Students. Asian Nursing Research, 8(4), 286-292.

Lingga, L. 2012. Bebas Hipertensi Tanpa Obat. Jakarta: Agromedia.

Munson, C., Traister, R. 2015. Pathophysiology: A 2-In-1 Reference For Nurses. Philadelphia:Lippincott Williams & Wilkins.

Nair, M., Peate, I. 2015. Pathophysiology For Nurses At A Glance. Usa: Wiley-Blackwell.

Novitasari, D. Pengaruh Relaksasi Autogenik Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Kelurahan Mersi Purwokerto. Prosiding 2016 Seminar Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pelayanan Kesehatan Integratif Berdasarkan Evidence Based Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Komunitas Dalam Mencapai Sdg’s. Lppm Stikes Harapan Bangsa Purwokerto. 17 November 2017, Hal 126-132.

Novitasari, D., Awaludin, S. Perbedaan Tekanan Darah Sebelum Dan Setelah Terapi Humor Di Kelurahan Mersi Purwokerto. Viva Medika, 9 (17): 95-101.

Nuraini, B. 2015. Risk Fators Of Hypertension. Faculty Of Medicine, University Of Lampung. Vol. 4, No. 5, Pp. 11

Perki (2015), Pedoman Tatalaksana Hipertensi Pada Penyakit Kardiovskuler. Edisi Pertama

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Ikbal, R. N. ., & Sari, R. P. . (2022). Implementasi Relaksasi Autogenik dan Edukasi Diet Guna Pengendalian Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Kuranji Padang. Jurnal Abdidas, 3(5), 891 - 897. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i5.700