Peningkatan Profesionalitas Security Service di FKIP Melalui Program Kemitraan dan Pendampingan Internal

Authors

  • Abdu Masud Departement Biology Education, Khairun University Ternate
  • Muliadi Muliadi Departement Chemistry Education, Khairun University Ternate
  • Sundari Sundari Departement Biology Education, Khairun University Ternate

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i5.686

Keywords:

profesionalitas, security, pendampingan

Abstract

Program kemitraan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional security service di FKIP Kampus 1 Universitas Khairun, telah dilaksanakan. Kampus 1 Universitas Khairun dengan jumlah 10 program studi terbanyak di universitas Khairun yang berlokasi di dekat bandara memerlukan model pengamanan dan penertiban yang professional. Selama ini terkait ketertiban parkir dari dosen dan mahasiswa belum diatur dengan baik, penertiban penggunaan ruang kelas dan tamu di FKIP masih terkesan bebas. Perlu adanya pelatihan dan pendampingan bagi tenaga security service di FKIP sehingga memberikan refresh dan update pengetahuan dan ketrampilan sehingga menjadi lebih professional. Program kemitraan dengan POLDA Maluku Utara dilaksanakan dengan metode Pelatihan dan pendampingan keprofesionalan security baik indoor maupun outdor dengan materi dan standarisasi keprofesionalan security service. Hasil Program kemitraan ini menunjukkan bahwa program kemitraan ini sangat bermanfaat dan memberikan update pengetahuan dan keterampilan bagi security service untuk menjadi lebih professional sesuai jamannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan, Wirman. (2013). Manajemen Sekurity: Siskamtibmas Swakarsa. Bandung: Rekayasa Sains.

Djamin, Awaloedin. (1995). Administrasi Kepolisian. Jakarta: CV. Mandiri Buana. Oliver, Eric Dan Jhon Wilson. (1999). Sekuriti Manual Pedoman Tindakan Pengamanan. Jakarta: PT. Cipta Manunggal

Ratminto Dan Atik Septi W. (2013). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ricks, Truett. A., Bill G. Tillet, And Clifford W. Van. M. (1994). Principle Of Security. Third Edition. Ohio: Anderson Publishing Co.

Rinaldi, John Dan Dariyatno (2009), Hand Book Of Qualitative Research Dalam Denzin, Norman K Dan Lincol B,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, Veithzal Dan Ella Jauvani Sagala. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. (2006). Organizational Behavior, Tenth Edition. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2002). Psikologi Sosial: Individu Dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Mangkunegara, A. A. A. P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Alwan. Hendri. M Dan Darmaji. 2017. Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal Edufisika Vol. 02 No. 01 P-ISSN:2477- 7935, E- ISSN. Hal : 2548-6225.

Ayu, A. R. Fuddin, G. H. 2016. Pengaruh Pendidikan, Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Humasdan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Manajment .

Hadiman. (2014). Manajemen Sekuriti Fisik. Jakarta: S2 KIK-Universitas Indonesia, Angkatan XVIII.

Winardi, J. (2004). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Surya. Darma, (2002). “Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi”. Jurnal Usahawan No. 01 TH XXXI Januari 2002. Jakarta.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Masud, A., Muliadi, M., & Sundari, S. (2022). Peningkatan Profesionalitas Security Service di FKIP Melalui Program Kemitraan dan Pendampingan Internal. Jurnal Abdidas, 3(5), 860 - 865. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i5.686