Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda Medan

Authors

  • Rani Rahim Universitas Dharmawangsa
  • Rizka Fahruza Siregar Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Rini Ramadhani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Yuan Anisa Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.621

Keywords:

implementasi, bahan ajar berbasis komik, kemampuan berhitung siswa

Abstract

SD Amalyatul Huda Medan adalah salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Sehingga pembelajaran yang selama ini dilakukan membuat siswa kurang tertarik untuk belajar daring di rumah. Siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama ini. Masih rendahnya minat siswa dalam belajar membuat rendahnya pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan juga kemampuan berhitung siswa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Amalyatul Huda Medan. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 32 orang siswa. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka, hal ini dikarenakan siswa sudah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 November 2021. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah implementasi penggunaan bahan ajar berbasis komik dalam pelajaran Matematika sehingga dengan pengimplementasian ini, maka kemampuan berhitung siswa semakin meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah respon siswa sangat baik dan siswa lebih tertarik belajar menggunakan bahan ajar berbasis komik. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa bahan ajar berbasis komik dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa dalam pelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nendasariruna, T. dkk. (2016). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Persegi Panjang Bagi Siswa Kelas VII. Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM’’,” 4(2), 76–79.

Putri, D. Y. K. dan G. A. (2015). Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 1(1), 22–38.

Sari, D. P. dan B. A. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Segi Empat. E-Jurnal Universitas PGRI Semarang, 2(2).

Sorraya, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Teks Prosedure Kompleks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas X SMK. E-Journal NOSI, 2(2).

Suciana, F. dk. (2018). Pengembangan Modul Berbentuk Komik Berbasis Kontekstual untuk Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(1), 60–66.

Tatalovic, M. (2009). Science Comics as Tools for Science Education and Communication : A Brief. Exploratory Study. Journal of Science Communication, 8(4), 1–17.

Tyas, R. dkk. (2013). Pembuatan Komik Fisika sebagai Media Pembelajaran pada Topik Prinsip Kerja Kamera. Jurnal Radiasi, 4, 16.

Waluyanto, H. (2005). Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Universitas Kristen Petra, 7(1), 44–55.

Yohamintin, Gumala, Y., Pratiwi, V., & A. (2021). Pembinaan Literasi Membaca melalui Self Motivation sebagai Upaya Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI, 4(2), 234–243.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Rahim, R., Siregar, R. F. ., Ramadhani, R. ., & Anisa, Y. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda Medan. Jurnal Abdidas, 3(3), 519 - 524. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.621

Issue

Section

Articles