Pelatihan dan Pendampingan Teknik Membentuk Huruf pada Anyaman Rotan di Kelompok Kerajinan Jawet Itah Kota Palangka Raya

Authors

  • Yusintha Tanduh Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Nursiah Nursiah Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Reni Rahmawati Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Elita Elita Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.620

Keywords:

rotan, anyaman, huruf, kelompok kerajinan

Abstract

Kelompok Kerajinan Jawet Itah yang berada di Kelurahan Panarung Kota Palangka Raya memproduksi anyaman rotan dengan berbagai bentuk produk seperti keranjang, tikar, tas dan sebagainya. Program pengabdian memandang perlu untuk mengadakan berbagai pelatihan yang bertujuan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kemandirian bagi perajin untuk meningkatkan harga jual produk dan memberikan pendampingan bagi perajin agar lebih mampu meningkatkan kualitas dan variasi produk berbasis suvenir dengan berbagai ragam produk motif yang lebih variatif dan menarik. Metode yang dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan serta pendampingan. Pelatihan membentuk huruf pada anyaman rotan ini berjalan lancar sesuai dengan rencana dan peserta pelatihan sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan tersebut. Peserta pelatihan sudah memahami dan sudah mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah didapatkan pada pelatihan yang telah dilakukan. Kegiatan pelatihan ini sangat membantu Kelompok Kerajian Jawet Itah dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasinya untuk menghasilkan produk yang lebih bervariasi sehingga menambah nilai jual dari anyaman rotan yang dihasilkan, hal ini terlihat dari hasil monev yang dilakukan di mana beberapa produk tas dan dompet dengan modifikasi huruf sudah terjual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dransfield, J. dan N. Manokaran. 1996. Sumberdaya Nabati Asia Tenggara 6: Rotan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta dan Prosea Bogor.

Januminro, 2000. Rotan Indonesia. Kanisius. Yogyakarta.

Jawet Bawi. 2000. Macam-macam motif dare dan Silip (Tidak dipublikasikan) Koperasi Anyaman Rotan Jawet Bawi. Palangka Raya Kalimantan Tengah.

Muhdi. 2008. Prospek, Pemasaran Hasil Hutan Bukan Kayu Rotan. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/996/ 1/08E00709.pdf [Diakses 5 April 2019] [2]

Siska L., S. Zainal., M.Sondang., Sirait. 2015. Etnobotani Rotan Sebagai Bahan Kerajinan Anyaman Masyarakat Sekitar Kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kelam Kabupaten Sintang. Jurnal Hutan Lestari (2015) Vol. 3 (4) : 496 – 506.

Yusintha, T., Desi, NK., Nursiah, Rini, D. 2019. Modul membentuk Angka. (tidak dipublikasikan). Tim Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat. Universitas Palangka Raya.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Tanduh, Y., Nursiah, N., Rahmawati, R., & Elita, E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Teknik Membentuk Huruf pada Anyaman Rotan di Kelompok Kerajinan Jawet Itah Kota Palangka Raya. Jurnal Abdidas, 3(3), 512 - 518. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.620

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)