Pemberdayaan Masyarakat Pulau Lae-Lae Makassar Sejak Dini: Memotivasi Anak-anak untuk Meraih Mimpi Sukses melalui Pembelajaran Berbasis Permainan

Authors

  • Elia Ardyan Manajemen, Universitas Ciputra Surabaya
  • Carolina Novi Mustikarini Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar
  • Justin Wijaya Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar
  • Sinar Dharmayana Putra Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar
  • Cipta Canggih Perdana Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.606

Keywords:

pembelajaran berbasis permainan, motivasi, pemberdayaan masyarakat

Abstract

Pendidikan menjadi bagian penting untuk mempersiapkan masa depan generasi muda. Pendidikan menjadi efektif apabila memiliki kegiatan pembelajaan yang menyenangkan. Salah satu metode yang digunakan untuk murid tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama adalah pembelajaran berbasis permainan. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan motivasi kepada murid tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk tetap semangat belajar agar mampu menggapai cita-cita masa depan mereka. Salah satu strategi pembelajaran yang diterapkan adalah memberikan motivasi dengan melakukan pembelajaran berbasis permainan yang fokus pada pencapaian cita-cita dan mimpi mereka. Metode pelaksananaan pengabdian ini adalah dengan tahapan yang meliputi melakukan survei dan pengajuan izin, persiapan pengabdian masyarakat, pelaksanaan pengabdian masyarakat dan melakukan evaluasi kegiatan. Lokasi kegiatan berada di SD Impres Lae-Lae 1 dan SMPN Negeri 41 SATAP Lae-Lae, Makassar (Kelas 1 sampai dengan kelas VIII).  Fokus pembahasan studi ini adalah kegiatan di kelas I, III, dan IV. Hasil evaluasi berdasarkan dinamika proses pembelajaran melalui pendekatan berbasis permainan menunjukkan bahwa sebagian besar murid dapat aktif berkontribusi dalam setiap permainan, yang pada awalnya masih belum berani namun situasi yang menyenangkan membuat para murid termotivasi untuk berani terlibat. Melihat dinamika yang berjalan, kegiatan pembelajaran dapat dikatakan berhasil dan sukses dilaksanakan sesuai tujuan kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branston. (2006). From game studies to bibliographic gaming: Libraries tap into the video game culture. Bulletin of the American Society for Information Science and Technology, 32(4), 24-26. doi:10.1002/bult.2006.1720320410

Burhanuddin, Ahmad, & Liebner. (2006). Wisata Bahari Makassar. Jakarta: Ara Sinergi Optima.

Hamari, Koivisto, & Sarsa. (2014). Does gamification work?-A literature review of empirical studies on gamification Paper presented at the the 47th Hawaii International Conference on System Sciences,, Hawai, USA.

Harisuhud. (2013). Perencanaan Lanskap Kawasan Rekreasi Pulau Lae-Lae Ca'Di. Universitas Hassanuddin, Makassar.

Jenkins, W. J. (2017). An Analysis of Sigmund Freud’s The Interpretation of Dreams. Macat Library.

Mohamad, Sazzali, & Salleh. (2018). Gamification approach in education to increase learning engagement. International Journal of Humanities, Arts and Social Sciences, 4(1), 22-32. doi:10.20469/ijhss.4.10003-1

Patang, & Rukka. (2018). Pemberdayaan masyarakat Pulau Lae-Lae Kota Makassar. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Rothkopf, A. J. (2009). Courageous conversations: Achieving the dream and the importance of student success. Change: The Magazine of Higher Learning, 41(1), 24-41.

Sebayang, & Swaramarinda. (2020). Educational policy implementation in Indonesia: The art of decision making. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1286-1290.

Tobias, S., Fletcher, J. D., & Wind, A. P. (2014). Game-based learning. Handbook of research on educational communications and technology, 485-503.

Unicef. (2021). Annual Report 2021. Retrieved from Jakarta, Indonesia

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Ardyan, E., Mustikarini, C. N. ., Wijaya, J., Putra, S. D. ., & Perdana, C. C. . (2022). Pemberdayaan Masyarakat Pulau Lae-Lae Makassar Sejak Dini: Memotivasi Anak-anak untuk Meraih Mimpi Sukses melalui Pembelajaran Berbasis Permainan. Jurnal Abdidas, 3(3), 493-503. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.606

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.