Penyuluhan Kesehatan dan Senam Hipertensi di Posyandu Keluarga Semong Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Nur Arifatus Sholihah Kesehatan Masyarakat, STIKes Griya Husada Sumbawa
  • Iga Maliga Keperawatan, STIKes Griya Husada Sumbawa
  • Asri Reny Handayani Keperawatan, STIKes Griya Husada Sumbawa
  • Siti Sakinah Keperawatan, STIKes Maranatha Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i2.590

Keywords:

hipertensi, penyuluhan, pengetahuan

Abstract

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit darah tinggi adalah suatu keadaan di mana tekanan darah seseorang berada di atas batas normal atau optimal yaitu 120 mmHg untuk sistolik dan 80 mmHg untuk diastolik. Keberhasilan suatu terapi pengobatan tidak hanya ditentukan oleh diagnosis dan pemilihan obat yang tepat, tetapi juga oleh pengetahuan pasien untuk melaksanakan  terapi  tersebut. Penyuluhan kesehatan bertujuan dalam mencapai perubahan perilaku individu, keluarga, dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku sehat dan lingkungan sehat, serta berperan aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Tujuan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat ini adalah mengetahui bagaimana peningkatan pengetahuan dan kesadaran penderita hipertensi melalui penyuluhan kesehatan dan senam hipertensi di Desa Semong Kabupaten Sumbawa. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah ceramah dan diskusi dengan serta melakukan observasi langsung tempat pengabdian masyarakat. Pengabdian dilakukan di Desa Semong Kabupaten Sumbawa pada tanggal 19 Maret 2022 dengan melibatkan mahasiswa program studi S1 Kesehatan Masyarakat. Jumlah masyarakat yang ikut serta dalam pengabdian sebanyak 21 orang peserta. Hasil dari pengabdian ini adalah terjadinya peningkatan  pengetahuan peserta pengabdian  dalam  pengobatan dan penanganan hipertensi. Simpulan yang didapatkan dalam pengabdian ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan kesadaran penderita hipertensi melalui penyuluhan kesehatan dan senam hipertensi di Desa Semong Kabupaten Sumbawa. Diharapkan kedepannya akan terus menjadi upaya promotif kesehatan agar semakin meningkatkan kesadaran masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agrina, A., Rini, S. S., & Hairitama, R. (2011). Kepatuhan lansia penderita hipertensi dalam pemenuhan diet hipertensi. Sorot, 6(1), 46–53.

Hamimah, H., & Azinar, M. (2020). Penyuluhan Kesehatan melalui Media Video Explainer Berbasis Sparkol Videoscribe terhadap Pengetahuan Ibu. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(4), 533–542.

Namuwali, D. (2017). Yoga Therapy Can Reduce Blood Pressure in Hypertension Patients. Jurnal Kesehatan Primer, 2(2), 211–218.

Nuridayanti, A., Makiyah, N., & Rahmah, R. (2018). Pengaruh Edukasi terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Hipertensi di Pos Pembinaan Terpadu Kelurahan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 6(1), 1–7.

Rimporok, S., Karema, W., & Kembuan, M. A. H. N. (2013). Gambaran tingkat pengetahuan tentang hipertensi sebagai faktor resiko stroke dan kepatuhan mengkonsumsi obat anti hipertensi pada penderita hipertensi di RSUP PROF. DR. RD kandou manado. E-CliniC, 1(2).

Rusdianah, E. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Motivasi Pencegahan Kekambuhan Hipertensi pada Lansia di Desa Pondok Kecamatan Babadan Ponorogo. Jurnal Keperawatan, 9(02).

Yuliana, Nauli, F. A., & Novayelinda, R. (2012). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Pada Penderita Tuberculosis ( Tb ) Paru. Keperawatan, 1–7.

Downloads

Published

2022-05-02

How to Cite

Sholihah, N. A. ., Maliga, I., Handayani, A. R. ., & Sakinah, S. . (2022). Penyuluhan Kesehatan dan Senam Hipertensi di Posyandu Keluarga Semong Kabupaten Sumbawa. Jurnal Abdidas, 3(2), 350 - 354. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i2.590