Booster Ekonomi Kreatif Melalui Financing Usaha Mikro Lako Akelamo Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat

Authors

  • Prince Charles Heston Runtunuwu Universitas Khairun
  • Abidin Angkotasan Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.469

Keywords:

pemberdayaan, UMKM, pengembangan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi untuk membina masyarakat sehingga dapat menjadi pelaku utama pembangunan, sehingga pelaku usaha dilapangan  mampu melaksanakan kegiatan usaha dengan lancar, yang akhirnya diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan salah satu solusi usaha yang tepat untuk tetap bertahan dalam menghadapi krisis. Karena Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang selanjutnya disebut UMKM sanggup menjangkau lapisan masyarakat dari golongan ekonomi menengah sampai golongan ekonomi lemah dan dapat menciptakan lebih banyak kesempatan kerja. Bentuk kegiatan  dilakukan dalam bentuk edukasi melalui  ceramah dan diskusi yaitu melalui sharing knowledge serta mendiskusikan semua masalah/kendala yang ditemukan/dialami pelaku UMKM, kemudian digunakan dicarikan solusi untuk memecahkan setiap permasalahan yang dikemukakan masyarakat. Dan pelatihan dari perbankan tentang Simulasi pembiayaan. Terdapat 25 unit usaha mikro kecil bidang kuliner dan wisata yang telah berjalan dan cukup menjanjikan, akan tetapi tidak bisa lebih berkembangan karena terkendala dana investasi pengembangan usaha. Melalui kegiatan pengabdian ini yang turut berkolaborasi dengan pihak perbankan (Bank BNI 1946) dengan sasaran utama diharapkan bisa membantu pelaku UMKM dalam hal pembiayaan yang bertujuan untuk lebih meningkatan usaha yang dijalani selama ini, melalui fasililitas pembiayaan kredit lunak KUR. Yang nantinya akan sangat membantu dan mendorong serta memberdayakan pengembangan UMKM di desa Lako Akelamo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mubyarto. (2005). Professor, 1938–2005. Bulletin of Indonesian Economical Studies, 41(2), 159-161.

Lestari, F. (2013). Pengaruh jiwa kewirausahaan dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha pada sentra industri rajutan Binong Jati Bandung. Available at elib. unikom. ac. id, 8, 14-27.

Lexy, J. M. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya Offset.

Nardin, Y. (2019). Kebijakan Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Program Bumdes. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(3), 140-145.

Sugiarti, A. . (2016). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Petani Melalui Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (Puap) Di Kabupaten Ponorogo (Studi Pada Pemberdayaan Gapoktan Margo Rejeki Di Desa Sidoharjo Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo). Publika, 4(4)."

Downloads

Published

2022-06-12

How to Cite

Runtunuwu, P. C. H. ., & Angkotasan, A. (2022). Booster Ekonomi Kreatif Melalui Financing Usaha Mikro Lako Akelamo Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Abdidas, 3(3), 438 - 444. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.469

Issue

Section

Articles