Pendampingan Remaja di Kota Yogyakarta dalam Upaya Pencegahan Konsumsi Tinggi Sugar Sweetened Beverages, Obesitas, dan Penyakit Berisiko

Authors

  • Astri Praba Shinta Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Nurul Jannah Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ryan Rohmansyah Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.467

Keywords:

remaja, sugar-sweetened beverages, obesitas, pendidikan kesehatan

Abstract

Dari tahun ke tahun konsumsi Sugar-Sweetened Beverages atau minuman dengan tambahan gula (SSB) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini dapat memicu peningkatan berat badan dan berisiko terjadinya obesitas. Remaja usia sekolah mulai mengalami peningkatan selera makan namun tidak diikuti dengan aktivitas fisik yang cukup sehingga dapat menimbulkan risiko terjadinya obesitas. Status gizi pada remaja akan menyebabkan perubahan status gizi di masa dewasa. Obesitas menjadi salah satu faktor pemicu penyakit-penyakit berisiko. Kegiatan pendampingan berupa pendidikan kesehatan dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Pada proses pendidikan kesehatan, para siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang risiko konsumsi tinggi SSB dan obesitas. Materi pendidikan kesehatan yang diberikan adalah mencakup bidang gizi dan farmasi. Pendampingan remaja dengan pendidikan kesehatan ini dapat menjadi salah satu upaya dalam pencegahan obesitas pada remaja. Selain itu, pendidikan kesehatan yang berisi tentang pemilihan makanan dan minuman yang sesuai dengan gizi seimbang, aktivitas fisik untuk remaja, serta risiko konsumsi tinggi SSB dan obesitas dapat meningkatkan pengetahuan, menurunkan tingkat konsumsi SSB, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi seimbang dalam upaya pencegahan terjadinya obesitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chen, L. 2013. Beverages And Health In Encyclopedia Of Human Nutrition 3rd Ed. Elsevier.

Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian Kesehatan. 2015. Gambaran Konsumsi Pangan, Permasalahan Gizi Dan Penyakit Tidak Menular Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, 2015. Available From URL: Http://Www.Dinkes.Jogjaprov.Go.Id/Dinkes/Litkes.

Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. 2020. Profil Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019. Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. 2020. Profil Kesehatan Kota Yogyakarta Tahun 2020 (Data Tahun 2019). Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

Hendra, C., Manampiring, A. E. And Budiarso, F. 2016. Faktor-Faktor Risiko Terhadap Obesitas Pada Remaja Di Kota Bitung, Jurnal E-Biomedik, 4(1), Pp. 2–6. Doi: 10.35790/Ebm.4.1.2016.11040.

Rosyada, H. And Ardiansyah, B. G. 2018. Analisis Fisibilitas Pengenaan Cukai Atas Minuman Berpemanis (Sugar-Sweetened Beverages), Kajian Ekonomi &Keuangan, 1(3), Pp. 229-241.

World Health Organization. 2020. Obesity And Overweight. Available From URL: Www.Who.Int.

World Health Organization. 2020. Obesity. Available From URL: Www.Who.Int.

Downloads

Published

2021-11-14

How to Cite

Shinta, A. P. ., Jannah, N. ., & Rohmansyah, R. (2021). Pendampingan Remaja di Kota Yogyakarta dalam Upaya Pencegahan Konsumsi Tinggi Sugar Sweetened Beverages, Obesitas, dan Penyakit Berisiko. Jurnal Abdidas, 2(6), 1263-1268. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.467