Pelatihan Manajemen Kelas pada Mata Pelajaran Matematika di SD IT Az-Zahra Takengon, Kabupaten Aceh Tengah

Authors

  • Rosliana Harahap IAIN Takengon
  • Nurul Qomariyah Ahmad IAIN Takengon
  • Ali Umar IAIN Takengon
  • Nurmalina Nurmalina IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.446

Keywords:

managemen, kelas, pembelajaran matematika, RPP

Abstract

Manajemen kelas pada pembelajaran matematika yaitu pengelolaan terhadap bidang studi matematika melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Manajemen pembelajaran matematika di kelas di susun dalam bentuk RPP yang baik. RPP yang baik harus memiliki, pendahuluan pembelajaran, menyampaikan tujuan, mampu menggali pengetahuan siswa, penjelasan materi, penjelasan media yang digunakan, penugasan dan evaluasi. RPP yang baik akan membantu guru dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai. Namun untuk merancang RPP yang baik tidaklah mudah, untuk itu perlu dilakukan pelatihan terhadap guru-guru agar mampu merancang RPP yang baik sehingga membantu para guru dalam proses pembelajaran di kelas. Pelatihan ini melibatkan 14 guru SD IT Az- Zahra sebagai peserta. Adapun langkah-langkah dalam pelatihan ini terdiri dari dua sesi, sesi pertama memberikan penjelasan materi tentang urgensi managemen kelas, dan managemen pelajaran matematika, pada sesi ke dua peserta melakukan praktik merancang manajemen kelas yang baik dalam bentuk RPP. Adapun target kegiatan pelatihan ini adalah keterampilan guru-guru dalam memanajemen pembelajaran di kelas matematika. Hasil dari pelatihan ini para peserta mampu meningkatkan keterampilan memanagemen kelas yang dituangkan dalam bentuk RPP, dan RPP yang dirancang oleh peserta dalam terkategori baik, hal ini terlihat dari RPP yang peserta buat telah sesuai dengan managemen waktu, managemen materi dan managemen penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid Dan Chaerul Rochman. (2015). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Euis Karwati, J. D. (2015). Manajemen Kelas. Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan Dan Berprestasi. Alfabeta.

G.R. Terry. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. (Pertama). Kencana.

Muhammad Djajadi. (2020). Efektivitas Pendidikan Dan Pelatihan Guru: Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Fisika. Sipatokkong, 1(1), 30–44.

Rezkiatu Novia Alhikmah, Yenita Roza, M. M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika Smp Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Berdasarkan Kurikulum 2013. Cendikia, 5(1), 665–669. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.433

Subarinah, S. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sd. Depdiknas.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Upi.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Harahap, R., Ahmad, N. Q. ., Umar, A., & Nurmalina, N. (2021). Pelatihan Manajemen Kelas pada Mata Pelajaran Matematika di SD IT Az-Zahra Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1154 - 1158. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.446

Issue

Section

Articles