Pemberdayaan Ketahanan dan Keamanan Pangan Melalui Urban Farming di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rieska Maharani Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Zainal Rusdi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lynda Yunyver Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Reza Mega Novalia Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Adiva Salsabila Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.443

Keywords:

hidroponik, Covid-19 , diversifikasi produk, Kendangsari

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan di RT 07 RW 03 Kecamatan Kendangsari, Kelurahan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Terutama di tengah pandemi Covid-19 masyarakat dituntut untuk terus berinovasi dengan keterbatasan yang ada, salah satunya adalah bertanam menggunakan teknik hidroponik guna mempertahankan keamanan pangan di tengah pandemi dengan memanfaaatkan serta mengoptimalisasi lahan kosong di tengah kota. Dalam hal ini, pemerintah juga berperan dalam memfasilitasi untuk akses pengembangan dengan bantuan hibah bernama Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang dijembatani oleh tim penerima hibah yaitu Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, pengenalan dan praktik pelatihan hidroponik serta pembinaan bertanam secara hidroponik dari semai hingga panen, serta cara menjual sayur dan melakukan diversifikasi produk olahan dari sayur hidroponik. Hasil dari adanya program ini adalah secara tidak langsung akan terbentuk keamanan dan ketahanan pangan daerah sekitar serta bertambahnya pendapatan baru bagi masyarakat yang terdampak pandemi. Untuk terus memotivasi masyarakat dalam pengembangan kegiatan ini, kami akan mendampingi pemberdayaan dengan terus melakukan evaluasi dan monitoring secara berkelanjutan baik offline maupun online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anika, N., Putra, E. P. D. (Desember 2020). Analisi Pendapatan Usahatani Sayuran Hidroponik Dengan Sistem Deep Flow Technique (DFT). Jurnal Teknik Pertanian Lampung, Vol. 9 No. 4, h. 396.

Mochklas, M., Hidajat, S., Mauliddah, N. (Januari 2021). Pemberdayaan Potensi Desa Kebon Raya Paciran Lamongan di Era Ner Normal. Jurnal Abdidas, Vol. 2 No. 1, h. 87.

Mochklas, M., Rusmawati, Z., Santoso, A., & Jannah, R. (2019). Pendampingan kampung pendidikan kampung’e arek Suroboyo (KP KAS) RW 03 Kelurahan Ketintang Surabay. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 51-59.

Sofyani, G. V., Putri, E. B. P., Fajrin, L., Murtasiyah, E. I., Thoyyib, Z. B. (Januari 2021). Pengingkatan Ketahanan Pangan dan Keamanan Pangan Dimasa Pandemi COVID-19 Dengan Penanaman Hidroponik di Dukunanyar Gresik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 1, h.342.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. (2021). Pendataan Produksi Tanaman Sayuran tahun 2017-2019. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/site/pilihdata

Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Maharani, R. ., Rusdi, Z. ., Yunyver, L., Novalia, R. M. ., & Salsabila, A. (2021). Pemberdayaan Ketahanan dan Keamanan Pangan Melalui Urban Farming di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(5), 1145-1153. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.443

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.