Perencanaan Program Berkelanjutan Usaha Mitra Els Cake Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan

Authors

  • Putri Aulia Arza Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas
  • Indah Permata Suryani Fakultas Ekonomi, Universitas Andalas
  • Danny Hidayat Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.407

Keywords:

pembinaan mitra, mitra tumbuh kembang, usaha makanan

Abstract

Permasalahan yang dihadapi “Els Cake” yaitu belum memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan) karena masih dikelola perorangan dan juga belum ada label halal. Dari aspek produksi yaitu karena belum adanya SIUP “Els Cake” mengalami kesulitan dalam mendapatkan modal usaha karena SIUP merupakan salah satu syarat untuk pinjaman modal usaha. Dari segi manajemen usaha, “Els Cake” belum memiliki struktur manajemen karena masih perorangan. Dari segi pemasaran masih bersifat tradisional, dan belum memanfaatkan pemasaran online untuk promosi dan penjualan. Walaupun ada akun Instagram belum optimal penggunaannya. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk membantu mitra “Els Cake” untuk berkembang 3-5 tahun kedepan. Kegiatan direncanakan dilakukan dengan tatap muka ke lokasi dan dibarengi dengan pertemuan virtual secara daring karena masih dalam kondisi pandemik Covid 19. Tahap kegiatan pertama yaitu analisis kelemahan dan permasalahan usaha mitra, pertemuan tim dalam penyusunan rencana kegiatan akan dilakukan secara virtual menggunakan Zoom Meeting. Pembahasan rencana pengembangan dan penyepakatan pengembangan rencana kegiatan 3-5 tahun bersama mitra “Els Cake” direncanakan tatap muka dan pertemuan virtual dengan mendatangkan narasumber di bidang produksi, manajemen dan pemasaran. Hasil dan luaran yang diperoleh yaitu rencana program pengembangan mitra 3 tahun ke depan, rencana program pengembangan yang disepakati bersama mitra “Els cake” yaitu dari segi produksi, pemasaran dan manajemen usaha perlu untuk dibina dan didampingi. Luaran yaitu publikasi media massa dan video kegiatan terpublikasi di YouTube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arza, P. A., & Asmira, S. (2017). PENGARUH PENAMBAHAN LABU KUNING (Cucurbita moschata) dan Ikan Gabus (Ophiocephalus striatus) TERHADAP MUTU ORAGNOLEPTIK, KADAR PROTEIN DAN VITAMIN A BISKUIT. Nutri-Sains: Jurnal Gizi, Pangan Dan Aplikasinya, 1(1), 58–66.

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43.

Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP BISNIS DAN EKSISTENSI PLATFORM ONLINE. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21–32.

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Arza, P. A. ., Suryani, I. P. ., & Hidayat, D. . (2021). Perencanaan Program Berkelanjutan Usaha Mitra Els Cake Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Abdidas, 2(4), 1008-1013. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.407