Pelatihan Pemanfaatan Web Enhanced Course dan Collaborative Learning sebagai Penunjang Pembelajaran

Authors

  • Yudha Popiyanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Savitri Suryandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Anna Roosyanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.387

Keywords:

web enhanced course, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran daring

Abstract

Proses pembelajaran dalam tatanan kehidupan normal baru yang seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi menjadi pertimbangan dalam pemilihan topik kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat “Pelatihan Pemanfaatan Web Enhanced Course dan Collaborative Learning sebagai Penunjang Pembelajaran di SDN Gili Timur 2 Kabupaten Bangkalan” ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi media dan model pembelajaran yang dapat dilaksanakan dalam tatanan kehidupan normal baru. Metode pelaksanaan kegiatan ini dalam bentuk penyampaian materi dan pelatihan yang dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring) menggunakan Zoom. Dari hasil pelaksanaan kegiatan ini dapat diketahui bahwa minat para guru dan karyawan SDN Gili Timur 2 Bangkalan meningkat untuk dapat memanfaatkan Web Enhanced Course dan Collaborative Learning sebagai penunjang pembelajaran di SDN Gili Timur 2 Bangkalan. Motivasi guru dan karyawan dalam melaksanakan pembelajaran daring semakin juga semakin meningkat setelah dilaksanakan sharing mengenai kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, sekolah, siswa, dan orang tua selama pembelajaran daring. Target luaran dari pelaksanaan kegiatan ini berupa artikel yang dipublikasikan di Jurnal ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran fisika berbasis web enhanced course: mengembangkan web-logs pembelajaran fisika dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4((1)), 13–25.

Basuki, H.O, D. (2021). Pendidikan Kesehatan tentang Rumah Sehat Covid-19 Bagi Kader Covid-19 di Desa Bogorejo Merakurak Tuban Tahun 2021. ABDIMASNU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–26.

Hamidy, A & Purboningsih, D. (2016). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online dalam Perkuliahan Filsafat Pendidikan Matematika. PRISMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika:, 138–144.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press.

Sa`ud, U. S. (2010). Inovasi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

WHO. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) World Health Situation Report -1 WHO Indonesia Situation Report, 2019 (March), 8.

Downloads

Published

2021-08-13

How to Cite

Popiyanto, Y., Suryandari, S., & Roosyanti, A. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Web Enhanced Course dan Collaborative Learning sebagai Penunjang Pembelajaran . Jurnal Abdidas, 2(4), 916-921. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.387

Most read articles by the same author(s)