Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknik Rekam Layar bagi Guru

Authors

  • Vitri Angraini Hardi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.362

Keywords:

media pembelajaran, rekam layar, guru

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi pada masa pandemik merupakan suatu langkah tepat dalam memaksimalkan proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran online yang harus dijalani pada masa sekarang ini. Untuk memastikan proses belajar mengajar berjalan efektif, guru sebagai pelaku utama dituntut untuk memiliki kemampuan teknologi yang baik. Kegiatan pelatihan ini sangat diperlukan untuk membantu pengoptimalan proses pembelajaran yang dapat membekali para guru dalam menciptakan media pembelajaran sendiri sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajar. Kegiatan pelatihan ini akan memberikan dampak penyerta berupa peningkatan kualitas SDM terutama dalam bidang teknologi informasi pada pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini melibatkan 70 orang guru SMA N 2 Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar. Metode pelaksanaan kegiatan berupa workshop dan praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan, Guru SMA N 2 Bangkinang Kota memiliki peningkatan keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran online. Hal ini berarti dengan peningkatan keterampilan media pembelajaran diharapkan dapat memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kabupaten, B., Barat, L., Dewi, C. A., Kurniasih, Y., & Khery, Y. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Bagi Guru di SMPN 1 Lumbung Inovasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Bagi Guru di SMPN 1 Batulayar Kabupaten Lombok Barat Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Mandalika ( UNDIKMA ) Analisis Situasi pendidikan , seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi . Kemajuan positif ini. October, 23–31.

Sriyanti, I., Muslim, M., & Yusup, M. (2015). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learninng Bagi Guru SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 12–18.

Suprianti, G. (2018). Pelatihan Dan Bimbingan Teknis Pembuatan Media Ajar Inovatif Berbasis Internet Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris. Widya Laksana, 7(1), 1–8. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/11640

Downloads

Published

2021-08-13

How to Cite

Hardi, V. A. . (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknik Rekam Layar bagi Guru. Jurnal Abdidas, 2(4), 884-888. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.362