Sosialisasi Strategi Kreatif Produksi Film Di Era New Normal

Authors

  • FX Yatno Karyadi Televisi dan Film, ISI Padangpanjang
  • Choiru Pradhono Televisi dan Film, ISI Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.309

Keywords:

sosialisasi, strategi kreatif, produksi film, new normal

Abstract

Sejak terjadinya pandemi Covid-19, usaha-usaha di bidang produksi audio-visual ditutup, bioskop dan art space untuk apresiasi karya film juga tidak beroperasi. Usaha persewaan alat produksi film tidak mendapatkan hasil. Pada bidang pendidikan film, perguruan tinggi meliburkan mahasiswa dan aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online. Dalam hal produksi film new normal adalah membuka kembali aktivitas produksi film secara terbatas, dengan menggunakan standar kesehatan yang tidak ada sebelum pandemi. Hal ini adalah upaya mengembalikan kegiatan produksi film menggunakan adaptasi dan kebiasaan baru, untuk menjaga agar pekerja film dan mahasiswa film tetap berdaya dan kembali berkarya. Produksi film di era new normal dapat dilakukan dengan menyesuaikan beberapa hal penting dalam produksi film yang meliputi penyesuaian ide dan penuturan cerita, tata cara penyelenggraan dan manajemen produksi, serta melakukan kompromi dengan berbagai peraturan dan anjuran tentang kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armantono, R., & Pramita, S. (2013). Teknik Penulisan Struktur Cerita Film. FFTV IKJ.

BPI. (2020). Protokol Produksi Audio Visual Pada Fase Pemulihan COVID-19. Badan Perfilman Indonesia.

Mas’udi, W., & Winanti, P. S. (Eds.). (2020). New Normal, Perubahan Sosial Ekonomi dan Politik Akibat COVID-19. Gadjah Mada University Press.

Noor, M. (2020). Transformasi dan Tantangan dalam Urusan Publik di Era New Normal. FISIP UNTAG Semarang, 41–60.

Pats, D. (2010). Film Production Management. Michael Wiese.

Downloads

Published

2021-07-26

How to Cite

Karyadi, F. Y. ., & Pradhono, C. (2021). Sosialisasi Strategi Kreatif Produksi Film Di Era New Normal. Jurnal Abdidas, 2(4), 758-766. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.309