Edukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Syariah pada Pengurus Badan Usaha Milik Desa di Kecamatan Kolese Kota Baubau

Authors

  • Rudi Abdullah Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.254

Keywords:

literasi keuangan, saham, pasar modal syariah

Abstract

Pasar Modal Syariah merupakan instrumen keuangan yang memperjual belikan surat berharga seperti saham dan obligasi yang diterbitkan oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta di Indonesia. Dengan adanya keberadaan Pasar Modal Syariah maka memberikan manfaat bagi perusahaan yang membutuhkan dana dalam jumlah yang besar dengan jangka waktu yang cepat, sedangkan manfaatnya bagi para investor di Pasar Modal Syariah menjadi alternatif investasi yang dapat memberikan potensi keuangan di masa depan. Pengurus Badan Usaha Milik Desa yang berada di Kecamatan Kolese Kota Baubau Sulawesi Tenggara perlu melakukan kegiatan untuk meningkatkan literasi dan inklusi tentang Pasar Modal Syariah pada masyarakat sebagai alternatif dalam melakukan investasi hal ini dilakukan karena masih kurangnya pemahaman tentang Pasar Modal Syariah, hal inilah yang mendorong tim pengabdian kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan melakukan sosialisasi. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah tingginya minat peserta yang antusias mengikuti edukasi Pasar Modal Syariah yang berasal dari Badan Usaha Milik Desa dimana kegiatan ini dianggap berhasil dengan tingkat partisipasi perserta sebanyak 50 orang dengan presentase sebesar 100%. Dari semua peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimana semua peserta membuat akun saham di bursa efek yang di fasilitasi oleh galeri bursa efek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. A. (2019). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat (Bkm) Di Kelurahan Lipu Kota Baubau Sulawesi Tenggara. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), (pp. 1494-1508). Surabaya.

Abdullah, R. M. (2021). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI DESA WAWOANGI KEC. SAMPOIAWA DITENGAH PANDEMIC COVID-19. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76-80.

J, H. (2009). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi,. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Malik, E. A. (2021). PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT USAHA KERIPIK PISANG DI DESA WAOWANGI KECAMATAN SAMPOLAWA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 72-75.

Pratiwi, E. T. (2018). Training of Financial Management on Society Self-Helping Agency at Kelurahan Palabusa, Baubau City, Southeast of Sulawesi. Seminar Nasional dan The 5th Call For Syariah Paper (SANCALL). Surakarta.

Sunariyah. (2011). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2021-04-11

How to Cite

Abdullah, R. (2021). Edukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Syariah pada Pengurus Badan Usaha Milik Desa di Kecamatan Kolese Kota Baubau. Jurnal Abdidas, 2(2), 323 - 328. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.254

Issue

Section

Articles