Pelatihan Pembuatan Desain Produk Bambu pada “Kelompok Kerajinan Bambu Talago” Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat

Authors

  • Ahmad Bahrudin Kriya Seni, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Indonesia
  • Fery Pernando Desain Komunikasi Visual, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Indonesia
  • Yandri Yandri Fhotografi, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Indonesia
  • Taufik Akbar Kriya Seni, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Indonesia
  • M. Iqbal Saputra Kriya Seni, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.236

Keywords:

kumanis, bambu, desain produk

Abstract

Nagari Kumanis merupakan nagari yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, terutama hasil hutannya. Salah satu hasil hutan adalah bambu. Selama ini digunakan sebagai bahan bangunan, sebagai pagar, bahkan dijadikan sebagai bahan bakar. Bambu selama ini juga dianggap sebagai hama yang menggangu tanaman lain, sehingga bambu keberadaannya meresahkan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah menggunakan metode ceramah dan praktik langsung. Metode ceramah digunakan pada waktu menjelaskan tentang rencana pengabdian dan capaian yang ingin di capai, tentang cara membuat desain dan tentang beberapa keteknikan yang digunakan. Sedangkan metode praktik langsung digunakan dalam proses pembuatan desain, proses produksi dan proses finishing produk. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi maka dilakukan pelatihan kepada kelompok usaha tersebut, berupa cara memanfaatkan bambu menjadi produk yang lebih berguna dan bisa menopang perekonomian masyarakat sekitarnya. Pelatihan yang telah dilakukan adalah bagaimana menjadikan bambu sebagai produk yang memiliki nilai ekonomi, salah satunya dengan memberikan pelatihan cara membuat produk kriya dengan menggunakan bahan baku bambu. Adapun produk yang telah dihasilkan seperti: beberapa model lampu, docking handphone dan kemasan gula semut dengan berbagai ukuran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad bahrudin, Widdiyanti, W. (2020). Community Empowerment Through Development Of Mansiang Woven Product Design In Jorong Taratak Nagari Kubang Kecamatan Guguak. JPPM LPIP UMP, 4(1), 109–115.

Arimbawa, I. M. G. (2011). Basis Pengembangan Desain Produk Keramik pada Era Pasar Global The Basis of Design Development of Ceramic Product in the Global Market Era. MUDRA, 26, 171–180.

Fajrin, J., Teknik, D. F., Teknik, J., Universitas, S., Kusuma, D. A., Teknik, A. F., Teknik, J., & Universitas, S. (2003). APLIKASI BAMBU PILINAN SEBAGAI TULANGAN BALOK. Civil Enginering Dimension, 5(1), 39–44.

Narno. (2018). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Perajin Bambu Di Desa Sirkandi Purwareja Klampok Banjarnegara. UJPPM-UMP, 2(2), 309–317.

Sulastiningsih, I. M., & Turoso, A. (2006). Pengaruh kadar perekat terhadap sifat papan partikel bambu. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, 24(1), 1–8.

Yan, A. S. & Y. (2000). Tinjauan Desain. Penerbit ITB.

Web Site http://www.sijunjung.go.id, diakses tanggal 21 Meret 2019 pukul 08.51 WIB.

Downloads

Published

2021-03-21

How to Cite

Bahrudin, A., Pernando, F., Yandri, Y., Akbar, T., & Saputra, M. I. . (2021). Pelatihan Pembuatan Desain Produk Bambu pada “Kelompok Kerajinan Bambu Talago” Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Jurnal Abdidas, 2(2), 193-202. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.236

Issue

Section

Articles