Sosialisasi Pelaksanaan Sistem INA-CBGs di Pelayanan Kesehatan

Authors

  • Devid Leonard Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Dharma Landbouw Padang
  • Yulia Fitriani Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Dharma Landbouw Padang
  • Tri Wijayanto Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Dharma Landbouw Padang
  • Agung Rezal Sulaiman Senopati Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Dharma Landbouw Padang
  • Alisa Putri Fajriati Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Dharma Landbouw Padang
  • Elga Yolanda Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Dharma Landbouw Padang
  • Sumiyati Sumiyati Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, STIKES Dharma Landbouw Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.222

Keywords:

INA-CBGs, pembayaran klaim, sosialisasi

Abstract

Sistem INA-CBGs merupakan model pembayaran yang digunakan oleh BPJS kesehatan untuk mengganti klaim yang ditagihkan oleh rumah sakit dengan menggunakan sistem paket berdasarkan hasil diagnosa penyakit yang diderita oleh pasien. Penggunaan sistem INA-CBGs dapat membantu dalam perhitungan tarif pelayanan lebih objektif berdasarkan pada biaya sebenarnya. Sosialisasi penggunaan sistem INA-CBGs sangat diharapkan dapat meningkatkan mutu dan efisiensi rumah sakit. Hal ini berhubungan dengan sistem pembayaran klaim dengan BPJS. Kegiatan dilakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Dilakukan pada area unit yang sudah terintegrasi menggunakan Aplikasi INA-CBGs di antaranya, rekam medis, poliklinik, rawat inap dan keuangan. Metode pelaksanaan kegiatan ini dengan cara menjelaskan terkait dengan sistem INA CBGs, melakukan praktik secara langsung dengan masing-masing pengguna, dan tanya jawab terkait dengan kendala penggunaannya. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar, petugas kesehatan memahami informasi dan penggunaannya dengan baik. Namun dalam pelaksanaannya terkadang sistem mengalami error dimana data pasien tidak muncul pada software dan seringnya terjadi gangguan pada jaringan. Hal ini menjadi kendala dalam komponen technology.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Leonard, D. (2016). Pengorganisasian Klaim Pelayanan Pasien JKN di RSUP Dr M. Djamil Padang. Menara Ilmu, X(72), 168–177.

Lilissuriani, Saputra, I., & Ruby, M. (2017). Perbedaan biaya riil rumah sakit dan tarif ina-cbg untuk kasus katastropik dengan penyakit jantung koroner pada pasien rawat inap peserta jaminan kesehatan nasional di rsuza. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 198–205.

Media Internal Resmi BPJS Kesehatan. (2014). Perubahan Tarif INA-CBGs Membuat Biaya Kesehatan Lebih Efektif. Jakarta: BPJS Kesehatan.

Mutamakin A. (2011). Integrasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dengan Software INA-CBG.

Peraturan Menteri Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Sistem Indonesian Case Base Groups (INA-CBGs) (2014). Indonesia. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/117564/permenkes-no-27-tahun-2014

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 76. (2016). Permenkes RI No 76 Tahun 2016 Tentang Pedoman Indonesia Case Base Group (INA-CBG). Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 1–257.

Permenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 69 Tahun 2013 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan (2013). Jakarta, Indonesia.

Permenkes No 69. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 69 Tahun 2013 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.

Syam, N. A. (2017). Gambaran Pelaksanaan Sistem Pembayaran Layanan Kesehatan dengan Sistem Diagnosis Penyakit (INA-CBGs) di Rawat Inap RSUD Tenriawaru Kab. Bone Tahun …. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/8401

Yasli, D. Z., Leonard, D., & Srimayarti, B. N. (2020). Tinjauan Kelengkapan Pengisian Formulir A (Evaluasi Awal MPP). Journal Of Health Care, 1, 1–10.

Downloads

Published

2021-02-13

How to Cite

Leonard, D., Fitriani, Y., Wijayanto, T., Senopati, A. R. S. ., Fajriati, A. P. ., Yolanda, E., & Sumiyati, S. (2021). Sosialisasi Pelaksanaan Sistem INA-CBGs di Pelayanan Kesehatan. Jurnal Abdidas, 1(6), 842-846. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.222

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)