Pendampingan Konsep Bisnis dalam Penerapan Manajemen Produk Home Industry di Nagori Bandar Masilam Kabupaten Simalungun

Authors

  • Rakhmawati Purba STIE Bina Karya Tebing Tinggi, Indonesia
  • Sri Winda Hardiyanti Damanik STIE Bina Karya Tebing Tinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.215

Keywords:

konsep bisnis, pemasaran, home industry

Abstract

Peran wanita selaku ibu rumah tangga sangat penting dalam mensejahterakan keluarganya di samping mengurus rumah tangga, suami dan mendidik anak, juga membantu menambah penghasilan keluarga agar perekonomian keluarga stabil. Saat ini, dikarenakan kemajuan dan tuntutan zaman, peran wanita sangat dibutuhkan sebagai pendamping suami dalam mencari atau menambah nafkah keluarga. Umumnya dalam suatu keluarga suami dan istri bekerja untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga. Pengabdian ini bertujuan untuk wawasan dan pengetahuan para ibu rumah tangga dalam menambah pendapatan keluarga dengan mengembangkan usaha kecil dan memberikan motivasi dalam mengembangkan usaha rumahan (home industry) baik dari segi manajemen dan pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis. Teknik yang dipakai dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat adalah sistem ceramah, memaparkan materi berupa teori-teori kewirausahaan, manajemen usaha dan manajemen pemasaran disertai memberikan contoh-contoh dan tanya jawab dengan peserta. Bagi kaum ibu yang sudah menjalankan usaha rumahan dimotivasi untuk mengembangkan pemasarannya dengan mengajarkan bisnis mengikuti kemajuan zaman di era revolusi industri 4.0, mengenalkan konsep-konsep pemasaran online atau lebih dikenal dengan digital marketing. Hasil yang diperoleh dapat menumbuhkan minat berwirausaha dikalangan ibu-ibu rumah tangga untuk menopang perekonomian keluarganya dan lebih meluaskan pemasaran hasil home industry yang selama ini masih memakai sistem offline atau tradisional, lebih luas lagi jangkauan pasarnya dengan memakai sistem online. Hal ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja di Nagori Bandar Tinggi dengan memanfaatkan hasil alam yang ada disana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emiliasari, R. N., Kosmajadi, E., Inggris, P. B., Majalengka, U., Barat, J., Islam, M. P., Majalengka, P. U., & Barat, J. (2020). Pendampingan Penerapan Manajemen Pemasaran. Jurnal PARAHITA ABDIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 106–115.

Leny Muniroh, Diah Yudhawati, H. (2017). PELATIHAN PEMASARAN SECARA ONLINE PADA UMKM TAS Abstrak.

LPPM STIE BINA KARYA. (2018). Panduan Pengabdian Masyarakat. LPPM STIE BINA KARYA.

Lukitaningsih, A. (2014). PERKEMBANGAN KONSEP PEMASARAN: IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASINYA Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. 14(1).

Marlina Telaumbanua. (2018). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Sosio Informa, 4(2), 418–436. https://doi.org/10.33007/inf.v4i2.1474

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1),1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Zuhri, S. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajmen Dan Akutansi, 2(3).

Downloads

Published

2021-01-28

How to Cite

Purba, R. ., & Damanik, S. W. H. . (2021). Pendampingan Konsep Bisnis dalam Penerapan Manajemen Produk Home Industry di Nagori Bandar Masilam Kabupaten Simalungun. Jurnal Abdidas, 2(1), 75-80. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.215

Issue

Section

Articles