Peningkatan Pengetahuan Petani Melalui Sosialisasi Daring Tech For Farmers

Authors

  • Ernah Ernah Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Eliana Wulandari Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.180

Keywords:

petani, teknologi, pengetahuan, sosialisasi

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor penting di Indonesia dimana sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian petani. Penerapan teknologi pertanian sangat diharapkan guna meningkatkan hasil produksi pertanian. Permasalahannya teknologi pada petani Indonesia masih rendah dimana salah satu penyebabnya adalah tingkat pendidikan petani yang relatif rendah. Untuk itu diperlukan upaya untuk penerapan teknologi untuk petani, salah satunya dapat melalui program tech for farmers. Sebuah program yang digunakan untuk pengenalan teknologi pada petani. Program ini disosialisasikan secara daring melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Kegiatan ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut dengan brainstorming, menentukan permasalahan dan solusi. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan petani terhadap teknologi pertanian dan menemukan teknologi yang sesuai untuk kebutuhan setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatchiya, A., Amanah, S., & Kusumastuti, yatri I. (2016). Penerapan Inovasi Teknologi Pertanian dan Hubungannya dengan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani. Jurnal Penyuluhan, 12(2), 190–197.

Ilmadi, I., Aden, A., Sastro, G., Rusdiana, Y., & Isnurani, I. (2020). Pelatihan Penggunaan Moodle untuk Mengoptimalkan Pembelajaran secara Online. Jurnal Abdidas, 1(6), 592–596.

Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602.

Downloads

Published

2020-12-24

How to Cite

Ernah, E., & Wulandari, E. (2020). Peningkatan Pengetahuan Petani Melalui Sosialisasi Daring Tech For Farmers. Jurnal Abdidas, 1(6), 838-841. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.180