Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Memanfaatkan Botol Bekas dan Ragi di Desa Kertosari, Kendal

Authors

  • Christina Astutiningsih Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang, Indonesia
  • Rika Septiana Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang, Indonesia
  • Bayu Tri Murti Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang, Indonesia
  • Atikah Darumas Putri Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.134

Keywords:

botol bekas, demam berdarah dengue, gula jawa, ragi

Abstract

Tema pengabdian yang diambil adalah pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan memanfaatkan botol bekas dan ragi. Desa Kertosari dikelilingi hutan jati. Dengan kondisi banyak hutan maka sangat memungkinkan berkembangnya nyamuk yang dapat menyebarkan penyakit salah satunya adalah DBD. Tujuan dari kegiatan ini meliputi: 1) menjelaskan bahaya penyakit demam berdarah, 2) cara melakukan pencegahan penyebaran nyamuk penyebab DBD, 3) menjelaskan kepada masyarakat cara memanfaatkan botol bekas sebagai media penghambat perkembangan nyamuk. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah penyuluhan yang bertujuan mengedukasi perilaku hidup sehat supaya terhindar dari penyakit yang disebabkan nyamuk. Kegiatan pengabdian masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun. Masyarakat desa Kertosari dapat memanfaatkan pengetahuan tentang DBD untuk pengentasan peningkatan penderita DBD di keluarga dan lingkungannya melalui pola perilaku pencegahan penyebaran nyamuk Aedes aegypti dan memanfaatkan botol bekas dengan gula jawa dan ragi sebagai wadah atraktan untuk perangkap nyamuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, E. P., Riyadhi, A., & Ahmadi, N. R. (2017). Efektivitas Minyak Jarak Pagar Sebagai Larvasida, Anti-Oviposisi dan Ovisida terhadap Larva Nyamuk. Buletin Penelitian Tanaman Rempah Dan Obat, 22(1), 44–53.

Hera, Y. T. (2008). Karakteristik Penderita Demam Berdarah Dengue di Rs Dr. Kariadi Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Karyanti, M. R., & Hadinegoro, S. R. (2007). Perubahan Epidemiologi Demam Berdarah Dengue di Indonesia. Sari Pediatri, 10(6), 424–432.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. In Jakarta, Kementerian PPN/Bappenas.

World Health Organization. (2005). Pencegahan dan Pengendalian Dengue dan Demam Berdarah Dengue. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Downloads

Published

2020-11-19

How to Cite

Astutiningsih, C., Septiana, R., Murti, B. T. ., & Putri, A. D. . (2020). Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Memanfaatkan Botol Bekas dan Ragi di Desa Kertosari, Kendal. Jurnal Abdidas, 1(6), 632-639. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.134