Pelatihan Penggunaan Moodle untuk Mengoptimalkan Pembelajaran secara Online

Authors

  • Ilmadi Ilmadi Universitas Pamulang, Indonesia
  • Aden Aden Universitas Pamulang, Indonesia
  • Gerry Sastro Universitas Pamulang, Indonesia
  • Yulianti Rusdiana Universitas Pamulang, Indonesia
  • Isnurani Isnurani Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.128

Keywords:

pembelajaran online, Moodle, efektif

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar terutama di dunia pendidikan, pembelajaran yang biasa dilaksanakan dengan tatap muka/offline, berubah menjadi daring atau online. Maka siap tidak siap guru/pendidik harus bisa menggunakan metode atau media pembelajaran supaya materi yang disampaikan tepat sasaran. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di lapangan memberikan kesimpulan, banyaknya guru/pendidik yang belum memaksimalkan media dalam pembelajaran, hal ini disebabkan banyak faktor, diantaranya keterbatasan dalam pengelolaan media terutama yang berbasis online seperti Moodle. Tim Pengabdi mencoba menganalisis permasalahan secara detail yang terjadi yang terjadi di lapangan. Hasil analisis memberikan bahwa perlunya diberikan pelatihan atau bimbingan kepada guru/pendidik dalam menggunaan media pembelajaran berbasis online seperti Moodle. Dari hasil pelatihan ini dilakukan kajian analisis terkait dampak dari penggunaan media tersebut, apakah sudah memberikan dampak yang optimal terhadap pembelajaran atau belum. ternyata penggunaan Moodle dapat memberikan dampak yang optimal terhadap pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan dalam kegiatan PKM ini yaitu 1) memberikan materi terkait penggunnaan Moodle. Materi ini diberikan secara virtual yang langsung disampaikan oleh pakar.  2) Pelatihan penggunaan Moodle yang langsung dibimbing oleh masing-masing instruktur. 3) Simulasi penggunaan moodle oleh peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aden (2020). Penggunaan Moodle dalam Pembelajaran Matematika. U. Pamulang, Universitas Pamulang

Farry Apriliano Haskari (2012) Manual Penggunaan Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Universitas Sriwiyaja

Hartanto, W. (2016). "Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran." JPE : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 10(1): 15.

Luh Devi Herliandry, et al. (2020). "Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1): 6.

Novita Arnesi and d. A. H. K (2015). "Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris." Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan 2(1): 14.

Roida Pakpahan and Y. Fitriani (2020). "Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19." JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh) 4(2): 7.

Yaniawati, R. P. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika pada Era New Normal. Strategi Pembelajaran Matematika pada Era New Normal. P. University. Pasunda University, Pasunda University. drive/blog: 35.

Downloads

Published

2020-11-09

How to Cite

Ilmadi, I., Aden, A., Sastro, G., Rusdiana, Y., & Isnurani, I. (2020). Pelatihan Penggunaan Moodle untuk Mengoptimalkan Pembelajaran secara Online. Jurnal Abdidas, 1(6), 592-596. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.128