Pelatihan Announcer dalam Memperkenalkan Unas Radio 107,9 FM di Desa Kampung Kongsi Cibereum

Authors

  • Agus Salim Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Nasional, Indonesia
  • Djudjur Luciana Radjagukguk Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Nasional, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.112

Keywords:

anak, penyiaran radio, belajar sambil bermain

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa dan bangsa yang besar terbentuk oleh generasi yang berkualitas serta memiliki integritas yang baik. Mengenalkan dunia penyiaran mulai dari menjadi seorang penyiar hingga membuat naskah siaran radio serta melatih anak-anak agar berani berbicara di depan umum bertujuan agar anak memiliki kepercayaan diri merupakan pengalaman yang akan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak di masa depan. Menggunakan metode pengajaran sambil bermain diharapkan anak-anak peserta pelatihan penyiaran dapat menerima pengetahuan baru dengan mudah. Dunia anak adalah bermain, untuk itulah penyampaian materi hingga pengajaran dilakukan sambil bermain, agar anak dengan mudah menerima materinya. Pelatihan penyiaran terhadap anak-anak dengan usia 9 hingga 13 tahun di Desa Cibeureum berjalan dengan penuh sukacita dan tawa, mulai dari perkenalan, pengajaran hingga perlombaan sesuai dengan temanya yaitu Fun Learning With Unas Radio. Hasil dari pelatihan penyiaran ini diharapkan dapat membawa perubahan dan memotivasi anak-anak dalam meraih cita-citanya, membangkitkan rasa percaya diri pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, K. (2016). Panduan Mudah Public Speaking. In Notebook, Jakarta.

Bahar, P. (2016). Seni Membawakan Pidato dan MC. Chivita Books.

Bakti, J., Indonesia, M., Oktavianti, R., Expo, I., Pusat, J., & Tengah, J. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi. 2(1), 117–122.

Gagne, R. (1976). Essential of Learning for Instruction. Holt Rinecart and Winston.

Hasyim, M., & Irwan, w D. (2014). Pelatihan Public Speaking Pada Remaja Dan Anak-Anak Dusun Puluhan, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. AJIE (Asian Journal Of Innovation and Entrepreneurship, 3(2), 96–100. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/7813

Latif, M. A. (2012). The miracle of story telling. Jakarta: Zikrul Hakim.

Nahrowi; Irawati, D. (n.d.). Peran Strategis Mahasiswa dalam Meningkatkan Kesadaran Politik Masyarakat.

Najib, M. (2018). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.

Puspita, R. Y. (2017). Cara Praktis Belajar Pidato, MC, dan Penyiar Radio. Anak Hebat Indonesia.

Retno, D. . (2019). Psikologi Bermain "Permainan dan Bermain bagi Perkembangan Anak. Airlangga University Press.

Romli, A. S. M. (2017). Manajemen Program & Teknik Produksi Siaran Radio. Bandung. Nuansa Cendekia.

Widjanarko, W., Sulthan, M., & Lusiana, Y. (2013). Radio siaran publik sebagai media komunikasi perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat pedesaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 119–124.

Downloads

Published

2020-10-22

How to Cite

Salim, A., & Radjagukguk, D. L. (2020). Pelatihan Announcer dalam Memperkenalkan Unas Radio 107,9 FM di Desa Kampung Kongsi Cibereum. Jurnal Abdidas, 1(6), 508-517. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.112