Pelatihan TOEP (Test Of English Proficiency) bagi Dosen STIKES Banyuwangi untuk Persiapan Sertifikasi Dosen

Authors

  • Roudlotun Nurul Laili Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Indonesia
  • Muhammad Nashir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.108

Keywords:

pelatihan, TOEP (Test of English Proficiency), , sertifikasi dosen

Abstract

Sertifikasi dosen merupakan apresiasi yang diberikan kepada dosen berupa sertifikat pendidik sebagai dosen profesional melalui berbagai tahap penilaian dan mendapatkan tunjangan profesi dari pemerintah. Salah satu syarat untuk mengikuti seleksi Serdos yaitu harus mengikuti tes TOEP (Test of English Proficiency). Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan tips dan trik mengerjakan soal TOEP baik Listening maupun Reading bagi para dosen Stikes Banyuwangi dengan harapan bisa mendapatkan hasil lebih baik dan maksimal sesuai harapan sehingga bisa lulus dalam nilai gabungan (NGB) pada proses seleksi serdos. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan latihan. Peserta pelatihan ini adalah para dosen yang sudah dinyatakan eligible pada pangkalan data Dikti untuk mengikuti seleksi serdos. Kami memberikan pretest sebelum materi diberikan dan post test setelah kegiatan pelatihan untuk mengukur tingkat keberhasilan program ini. Hasil menunjukkan ada peningkatan nilai pretest dengan rata – rata 30.7 meningkat pada rata – rata  skor post test yaitu 40. Skor juga menunjukkan jika mayoritas dosen mendapat skor konversi 3 sesuai target yang diharapkan. Peningkatan skor dan tercapainya target menunjukkan jika kegiatan pelatihan TOEP ini berhasil sebagai sebuah solusi dan jawaban atas permasalahan yang dialami para dosen dalam menghadapi tes kemampuan bahasa Inggris (TOEP).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mardiana, & Dharmawati. (2019). Aplikasi TOEP ( Test of English Proficiency ) Berbasis Android Untuk Sertifikasi Dosen. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2, 1–5.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Media Group.

Sudjana. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Utami, E., & Rakhmanina, L. (2020). Pelatihan Test of English Proficiency bagi Dosen di Universitas Prof . Dr . Hazairin , SH Bengkulu Workshop of Test of English Proficiency on Lecturers of Universitas Prof . Dr . Hazairin , SH Bengkulu, 1(2), 60–65.

Downloads

Published

2020-10-19

How to Cite

Laili, R. N. ., & Muhammad Nashir. (2020). Pelatihan TOEP (Test Of English Proficiency) bagi Dosen STIKES Banyuwangi untuk Persiapan Sertifikasi Dosen. Jurnal Abdidas, 1(6), 487-497. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.108